kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Investor Asing Semakin Serius Merambah Bisnis Properti di Indonesia


Sabtu, 29 Januari 2022 / 15:21 WIB
Investor Asing Semakin Serius Merambah Bisnis Properti di Indonesia
ILUSTRASI. Kawasan perkantoran di Jakarta, Senin (10/1). Investor Investor Asing Semakin Serius Merambah Bisnis Properti di Indonesia.


Reporter: Amalia Nur Fitri, Dimas Andi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Bisnis properti di Indonesia masih dipandang menarik oleh para pengembang properti asing. Baru-baru ini, Mitsubishi Estate Co, Ltd asal Jepang bersama PT Duta Putra Land dan PT Rizki Bukti Abadi memulai proyek apartemen dan hotel The Okura Residence di Gatot Subroto-Kuningan, Jakarta. 

Proyek ini ditargetkan rampung dan mulai beroperasi pada tahun 2025 mendatang.

Direktur Coldwell Banker Commercial, Dani Indra Bhatara, menilai, untuk saat ini investor properti asing lebih banyak masuk dan bekerja sama di produk-produk perumahan. Indonesia tak hanya menjadi pasar bagi para pengembang asing besar saja, tapi juga pengembang asing level menengah.

Beberapa contoh di antaranya adalah Fujiken dan PT MAS Group yang mengembangkan perumahan Seion di Serang, Banten. Lalu, ada juga Hankyu Hanshin Properties Corp asal Jepang yang menggandeng Springhill Group untuk mengembangkan hunian Springhill Yume Lagoon di Cisauk, Tangerang Selatan.

Baca Juga: Begini Tanggapan REI Soal Pengembang Asing Ekspansif di Indonesia

Kemudian ada Damai Putra Group yang bermitra dengan Nishitetsu Group mengembangkan kluster Asera Nishi di Harapan Indah, Bekasi.

"Pengembang atau investor asing menyasar berbagai kelas, baik kelas atas, menengah, hingga menengah ke bawah," ujar Dani, Jumat (28/1).

Secara umum, para pengembang asal China sudah cukup aktif sebelum adanya pandemi Covid-19, khususnya untuk proyek di area Jabodetabek. Namun, saat ini investasi di Jabodetabek cenderung lebih terbatas dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Di samping itu, pengembang asal Jepang dan Singapura akhir-akhir ini termasuk yang cukup aktif masuk ke pasar properti Indonesia di berbagai segmen pasar.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Real Estate Indonesia (REI) Hari Ganie berharap, pemerintah dapat membuka kesempatan lebih banyak terhadap pengembang asing maupun pembeli asing untuk masuk ke Indonesia. Keberadaan pengembang asing di Indonesia sama halnya dengan emiten pengembang lokal yang berhasil melakukan pengembangan properti di luar negeri.

Baca Juga: Intiland Development (DILD) Jalin Kerja Sama Strategis dengan Pengembang Asing

Katanya, cara kerja seperti ini akhirnya akan melahirkan kolaborasi dan pertukaran ilmu pengetahuan, selain juga pendanaan yang kuat. Kehadiran investor asing atau pengembang asing di Indonesia tentu hal yang baik, sebab mereka sudah pasti akan berkolaborasi dengan pengembang lokal.

"Baik itu pengembang kelas kecil, menengah atau nasional, ini membuat industri properti bisa lebih baik," ujarnya ke KONTAN, Jumat (28/1).

Hari mengatakan, pemerintah bisa memberikan fasilitas lebih agar investor asing dan pengembang asing lebih banyak di Indonesia.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×