kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,14   10,84   1.19%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jaga Pasokan Selama Idulfitri, Pertamina International Shipping Siapkan 326 Kapal BBM


Minggu, 31 Maret 2024 / 06:45 WIB
Jaga Pasokan Selama Idulfitri, Pertamina International Shipping Siapkan 326 Kapal BBM
ILUSTRASI. PT Pertamina International Shipping (PIS) siap menjamin kelancaran distribusi BBM dan LPG selama periode Ramadan hingga Idul Fitri.


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina International Shipping (PIS) siap menjamin kelancaran distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan LPG selama periode Ramadan hingga Idul Fitri 1445 Hijriah.

Sekretaris Perusahaan PT Pertamina International Shipping Muh. Aryomekka Firdaus menyatakan pihaknya telah membentuk satuan tugas khusus dan mengerahkan armada sebanyak 326 kapal untuk menjamin kelancaran ketersediaan energi nasional.

"Kami berkomitmen menjaga keamanan pasokan bahan bakar melalui operasi yang berkelanjutan, petugas kami telah siap sepenuhnya untuk memenuhi tugas mereka dari bulan Ramadan hingga IdulFitri," kata Aryomekka dalam keterangan resminya, Sabtu (30/3).

Baca Juga: Pertamina Siap Salurkan Subsidi Energi 2024 Tepat Sasaran

Ia menjelaskan, PIS menyiapkan armada sebanyak 318 kapal dengan tambahan 8 kapal cadangan. Dari jumlah tersebut, 283 kapal didedikasikan untuk memastikan kelancaran distribusi energi dalam negeri, sementara 35 armada kapal tanker diperuntukkan untuk mengangkut pasokan dari luar negeri.

Di dalam armada kapal tanker domestik, kata Aryomekka, 179 kapal tanker diperuntukkan bagi pengangkutan produk BBM, 39 untuk LPG, 26 untuk minyak mentah, dan sisanya digunakan untuk mengangkut avtur, nafta, aspal, petrokimia, dan berbagai produk lainnya.

"Armada kapal tanker PIS dipersiapkan dengan komitmen untuk beroperasi sesuai permintaan, sesuai spesifikasi, tepat waktu, dengan mendistribusikan kebutuhan BBM dan LPG sesuai spesifikasi teknis yang dibutuhkan, dan dioperasikan sesuai jadwal yang telah ditetapkan untuk memastikan pengangkutan yang tepat waktu," ungkap Aryomekka.

Baca Juga: Pertamina International Shipping (PIS) dan Nippon Yushen Perkuat Kerja Sama Angkutan

PIS juga memastikan pemantauan distribusi BBM dan LPG secara berkala. Hal ini mencakup pemantauan seluruh depot untuk mengetahui kondisi stok, DOT, coverage days, posisi dan kondisi kapal, serta berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait untuk mitigasi dan antisipasi jika terjadi lonjakan permintaan di suatu terminal.

Selain memastikan kesiapan kapal, PIS yang kini membawahi 6 terminal strategis juga menjamin kelancaran operasional di pelabuhan, bunker, dan depot. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×