kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.482.000   11.000   0,75%
  • USD/IDR 15.490   -65,00   -0,42%
  • IDX 7.496   -47,74   -0,63%
  • KOMPAS100 1.161   -10,37   -0,89%
  • LQ45 930   -7,66   -0,82%
  • ISSI 225   -1,75   -0,77%
  • IDX30 479   -4,07   -0,84%
  • IDXHIDIV20 576   -4,59   -0,79%
  • IDX80 132   -1,10   -0,82%
  • IDXV30 142   -0,97   -0,68%
  • IDXQ30 160   -1,14   -0,70%

Jaga rumah tidak bocor di tengah musim hujan, berikut tipsnya


Rabu, 04 November 2020 / 12:21 WIB
Jaga rumah tidak bocor di tengah musim hujan, berikut tipsnya
ILUSTRASI. Ilustrasi hujan


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hujan deras disertai angin kencang membuat penghuni rumah menjadi was-was sebab bisa saja hujan yang menerpa membuat rumah bocor dan rembes. Retak kecil sekalipun pada bagian rumah dapat membuat air mengalir dan merusak bagian rumah tersebut.

Antony Kostka, General Manager Commerce PT Adhi Cakra Utama Mulia menyampaikan Aquaproof sebagai waterproofing yang telah hadir lebih dari 35 tahun di Indonesia punya beberapa tips dan solusi persiapan rumah memasuki musim hujan.

Pertama, melakukan pengecekan kondisi rumah seperti kondisi noda bekas rembes pada plafon atau retakan pada dinding luar, dinding bergelembung dan berjamur. Saat hujan, cek juga seluruh ruangan adakah tanda-tanda air masuk mengakibatkan bocor dan rembes.

Baca Juga: Cuaca hari ini di Jabodetabek cerah berawan, sebagian Jakarta, Bogor, Bekasi hujan

"Bersihkan saluran air pada atas beton. Hal ini dilakukan untuk membersihkan sampah yang menyumbat sehingga tidak ada genangan air yang terlalu lama," jelasnya dalam keterangan tertulis, Selasa (3/11).

Kemudian, pemilik rumah juga bisa melakukan reparasi mandiri pada bagian yang mudah dijangkau, seperti area dinding luar bagian teras dengan melapisinya dengan cat pelapis anti bocor.

Namun, tidak ada salahnya juga untuk memanggil jasa reparasi untuk memperbaiki bagian yang sulit dijangkau. Semisal bagian plafon hingga atap beton maupun atap genteng yang membutuhkan jasa tukang yang lebih paham cara aplikasi dan produk yang tepat.

"Pilih produk  waterproofing yang efektif karena pemilihan produk juga mempengaruhi investasi jangka panjang bangunan Anda, produk yang tepat membuat umur bangunan lebih panjang dan tidak terulang terus-menerus masalah bocor dan rembes," kata Antony.

Antony memaparkan Aquaproof menghadirkan 24 varian warna berfungsi optimal menahan air dengan diaplikasikan pada dinding luar rumah. Selain itu, Aquaproof juga dapat digunakan pada wuwungan, atap asbes atau melapisi bagian bangunan yang berbahan kayu.

Untuk atap beton yang rawan genangan air dapat menggunakan Aquaproof Pro dengan inovasi akrilat poliuretan sehingga memiliki sifat waterponding resistant yang sangat baik. Anda dapat memilih Aquaproof Pro warna Abu Pro atau putih untuk atap beton minimalis.

Aplikasi Aquaproof maupun Aquaproof Pro sangat mudah, bisa menggunakan kuas, roll maupun airless spray untuk bidang yang luas. Aquaproof dan Aquaproof Pro sama-sama memiliki daya sebar 1 kg untuk 1 meter persegi tanpa dicampur air sedikitpun, dengan pilihan ukuran kemasan yaitu 4 kg atau 20 kg tergantung luas area bidang rumah.

Baca Juga: Dulu peramu balsem, kini Herman sukses berbisnis antibocor

Sebelum melapisi waterproofing Aquaproof atau Aquaproof Pro, disarankan dapat menggunakan primer campuran Super Cement dan semen dengan perbandingan volume 1:1?4. Pada bagian sudutan atau bagian yang rawan retakan dapat diperkuat menggunakan Aquaproof Polyester Mesh.

Produk-produk Aquaproof dapat ditemukan di toko bahan bangunan terdekat atau bisa dibeli secara online dengan mengunjungi Aquaproof Official Store di marketplace seperti Tokopedia, Shopee dan Blibli.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES)

[X]
×