kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jalan tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu tanpa tarif selama dua pekan


Rabu, 30 September 2020 / 15:47 WIB
Jalan tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu tanpa tarif selama dua pekan
ILUSTRASI. Gerbang tol Manado-Bitung tampak dari Manado, Sulawesi Utara, Senin (6/7/2020).


Reporter: Benedicta Prima | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (29/9), jalan tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu sudah bisa dilalui oleh masyarakat umum. Selama dua minggu ke depan, pengguna dapat memanfaatkan jalan tol pertama di Sulawesi Utara tanpa tarif atau gratis.

Pjs Gubernur Sulawesi Utara Agus Fatoni beserta Forkopimda didampingi Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Triono Junoasmono dan Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) George I.M.P Manurung melakukan tapping dan penggunaan perdana Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Manado-Danowudu di Gerbang Tol (GT) Manado, Rabu (30/9).

Dalam kesempatan tersebut, Agus menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pemerintah yang telah meresmikan jalan tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu.

“Tentu, dengan (adanya) jalan tol ini dapat mempersingkat waktu. Jarak tempuh dari Manado ke Bitung yang biasanya memerlukan waktu perjalanan 1,5 jam hingga 2 jam, kini dapat ditempuh sekitar 30 menit. Ini akan mempercepat waktu. Kemudian, akan meningkatkan perekonomian, membawa dampak ekonomi bagi masyarakat dan juga konektivitasnya lebih lancar. Jalan tol ini bisa dimanfaatkan juga untuk bidang-bidang lain,” ujarnya.

Baca Juga: PTPP rampungkan ruas tol Manado-Danowudu sepanjang 26 km

Dia mengingatkan agar masyarakat berhati-hati saat menggunakan jalan tol dan tetap memperhatikan unsur keselamatan bagi diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

Sementara itu, Gerorge I.M.P Manurung menyampaikan, untuk pengoperasian tahap pertama, PT JMB akan mengoperasikan dari Manado hingga Kauditan sepanjang 20 kilometer (km).

“Untuk Manado hingga Danowudu, kami akan mengoperasikan pada Sabtu ini, pukul 9 pagi,” jelasnya.

George kembali mengingatkan, jalan tol ini untuk sementara waktu dioperasikan tanpa tarif sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat. Walaupun tanpa tarif, pengguna jalan tetap harus melakukan tap uang elektronik di gerbang tol. Selain itu, karena Jalan Tol Manado-Bitung beroperasi dengan sistem transaksi tertutup, yaitu tarif tol dikenakan proporsional (sesuai jarak), pengguna jalan wajib menggunakan satu uang elektronik yang sama dalam satu transaksi.

“Uang elektronik yang digunakan pengguna jalan saat melakukan tap in di GT masuk harus sama dengan yang digunakan saat tap out di GT keluar.  Saat di gardu masuk, pengguna jalan tol akan memperoleh data asal dan golongan kendaraan sedangkan di gardu keluar pengguna jalan akan melakukan pembayaran tol sesuai asal tujuan dan memperoleh tanda terima,” tutupnya.

Sekretaris BPJT Kementerian PUPR Triono Junoasmono menyatakan, jalan tol ini selama dua minggu pertama masih beroperasi tanpa tarif. "Kami berharap setelah dua minggu ke depan, masyarakat telah terbiasa menggunakan uang elektronik dan menggunakan jalan tol sesuai ketentuan yang ada,” ujarnya.

Selanjutnya: Jokowi resmikan jalan tol Manado-Danowudu

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×