kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jalan Tol Trans Jawa akan Terhubung Sampai Ujung Timur Pulau Jawa ke Banyuwangi


Selasa, 19 Desember 2023 / 20:46 WIB
Jalan Tol Trans Jawa akan Terhubung Sampai Ujung Timur Pulau Jawa ke Banyuwangi
ILUSTRASI. Jalan tol dalam kota Semarang, jawa Tengah.


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jalan Tol Trans Jawa saat ini sudah terhubung dari Merak hingga Probolinggo sepanjang 1065,50 Km dan akan tersambung sampai ke ujung timur Pulau Jawa ke Banyuwangi. 

Dalam keterangan resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada Selasa (19/12), sebelum beroperasi hingga saat ini, 3 ruas Jalan Tol Trans Jawa sudah beroperasi terlebih dahulu tersambung mulai dari Jalan Tol Semarang Seksi ABC sepanjang 24,75 Km telah beroperasi sejak tahun 1983. 

Baca Juga: H-7 Natal 2023, Jasa Marga Catat 156 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

Jalan Tol Jakarta - Tangerang sepanjang 33 Km juga telah beroperasi tahun 1984, dan Jalan Tol Surabaya - Gempol sepanjang 48,89 Km telah beroperasi sejak tahun 1986.

Dimulai dari Jalan Tol Semarang ABC sepanjang 24,75 Km yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa pertama beroperasi sejak tahun 1983 sebagai akses penghubung kendaraan di wilayah Barat, Timur, serta Selatan Kota Semarang.

Tidak hanya berperan dalam memudahkan akses antar wilayah di Semarang dan sekitarnya, jalan Tol Semarang ABC juga menjadi akses penting yang menghubungkan Jalur Pantura Jawa dengan Jalan Nasional ke arah Purwodadi, Yogyakarta dan Solo serta tersambung langsung dengan Jalan Tol Semarang - Solo di ujung selatan dan Tol Semarang - Batang di ujung barat. 

Baca Juga: Libur Nataru, Jasa Marga (JSMR) Siapkan Jalur Fungsional Jalan Tol Japek II Selatan

Selanjutnya Jalan Tol Jakarta - Tangerang merupakan Jalan Tol kedua beroperasi di Jalan Tol Trans Jawa dengan panjang mencapai 33 Km diresmikan sejak tahun 1984.

Saat ini, Jalan Tol Jakarta - Tangerang menjadi penghubung bagi beberapa ruas tol lain yang ada di Jakarta dan Banten, seperti ruas tol Tangerang-Merak, ruas tol dalam kota Jakarta, ruas tol lingkar luar Jakarta 1, dan ruas tol lingkar luar Jakarta 2.

Kemudian, Jalan Tol Surabaya - Gempol sepanjang 48,89 Km telah beroperasi sejak tahun 1986 yang merupakan beroperasi di Jalan Tol Trans Jawa membentang dan terkoneksi dari Surabaya hinga Gempol dan terhubung dengan ruas tol lainnya yang berada di wilayah Jawa Timur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×