kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45832,75   2,05   0.25%
  • EMAS945.000 0,53%
  • RD.SAHAM -0.46%
  • RD.CAMPURAN -0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Jam operasional PPKM Mikro berbeda-beda, Aprindo minta Pemda ikuti kebijakan pusat


Kamis, 24 Juni 2021 / 22:56 WIB
Jam operasional PPKM Mikro berbeda-beda, Aprindo minta Pemda ikuti kebijakan pusat
ILUSTRASI. Roy N. Mandey, Ketua Umum Aprindo Tahun Politik, Aprindo Berharap Pertumbuhan Ritel Capai Dobel Digit.foto/KONTAN/maizal walfajri

Reporter: Venny Suryanto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah kembali memberlakukan kebijakan pengetatan jam operasional dan jumlah kunjungan yang berlaku untuk kegiatan di Pusat Perbelanjaan, Mal, Pasar, dan Pusat Perdagangan. Hal ini tertuang dalam Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro (PPKM Mikro) di lapangan.

Sebagai upaya menekan jumlah penyebaran Covid-19, pemerintah akan kembali melakukan penebalan dan penguatan pelaksanaan PPKM Mikro yang berlaku pada tanggal 22 Juni hingga 5 Juli 2021.

Salah satu aturannya yakni adanya pembatasan jam operasional sampai dengan pukul 20.00 dan Pembatasan pengunjung paling banyak 25% dari kapasitas.

Asosiasi Pengusaha Ritel Modern seluruh Indonesia (Aprindo), Roy N Mandey mengatakan bahwa dirinya menghormati dan mengapresiasi aturan dari pemerintah pusat untuk upaya yang dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Yuk hitung-hitung, segini potensi kerugian ekonomi dengan atau tanpa lockdown

Meski mengapresiasi upaya pemerintah, Aprindo juga memproyeksikan bahwa regulasi ini akan berdampak pada penurunan pengunjung yang diperkirakan mencapai 30%.

“Tidak usah kita bilang ritel dan restoran tutup jam 8, dengan di warning kasus Covid-19 yang tinggi saja sudah membuat masyarakat menahan diri untuk keluar,” kata dia kepada Kontan.co.id, Kamis (24/6).

Tak hanya itu, Roy juga bilang peraturan yang diterapkan di daerah-daerah juga berpotensi akan membuat gerai-gerai ritel kembali tutup. Sayangnya, ia belum bisa memastikan berapa gerai yang akan tutup.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
MiniMBA on Problem Solving using world class consultants approach Sukses Memimpin: Kunci Kepemimpinan Asertif Batch 2

[X]
×