kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jangan kaget, nanti di Jakarta Pusat hanya ada satu SPBU penjual bensin premium


Kamis, 02 Juli 2020 / 13:59 WIB
Jangan kaget, nanti di Jakarta Pusat hanya ada satu SPBU penjual bensin premium
ILUSTRASI. Petugas SPBU menggunakan alat pelindung wajah saat melayani pengendara di SPBU 31-164-01, Margonda, Depok, Jawa Barat, Jumat (8/5/2020). Penggunaan alat pelindung wajah (Face Shield) tersebut sebagai salah satu upaya untuk melindungi diri saat berhubungan


Reporter: Pratama Guitarra | Editor: Pratama Guitarra

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kabar terkait akan dihapusnya Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis research octane number (RON) 88 atau bensin Premium dan RON 90 atau Pertalite terus bergulir. Berkaitan dengan kabar itu, PT Pertamina (Persero) juga tengah menyusun strategi untuk pengelolaan BBM yang ramah lingkungan melalui program Langit Biru.

Program Langit Biru merupakan program pengurangan polusi udara yang akan dimulai dari Wilayah Denpasar, Bali. Hal ini  seiring dengan terbitnya Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 45 Tahun 2019 terkait Bali Energi Bersih.

Nah, setelah itu, Pertamina akan melanjutkan program tersebut ke Jakarta Pusat seiring dengan Instruksi Gubernur (Ingub) No. 66/2019 terkait dengan pengendalian kualitas udara. Selanjutnya akan meambah ke wilayah lain seperti DKI Jakarta, Ibu Kota Provinsi di Jawa Madura dan Bali (Jamali) dan dilayah lainnya di Jamali.

Baca Juga: Pengamat energi: Penghapusan BBM Premium dan Pertalite sudah mendesak

Mengacu data yang diterima Kontan.co.id, untuk wilayah Denpasar, Bali, hanya akan tersisa tiga SPBU penjual bensin premium di jalur motor dan taksi plat kuning. Sekarang terdapat 27 SPBU penjual premium di Denpasar. Adapun program Langit Biru di Denpasar ini diusulkan berjalan pada 5 Juli 2020 ini.

Sementara untuk Jakarta Pusat hanya akan tersisa satu SPBU penjual bensin premium yang disediakan di jalur angkot. Sekarang terdapat 15 SPBU penjual bensin premium di Jakarta Pusat. Rencana ini diusulkan berjalan pada 12 Juli 2020 ini.

Data tersebut menjelaskan, bahwa program Langit Biru tersebut akan dilakukan dengan cara mengedukasi pasar atau memberikan pengalaman pengguna bensin premium untuk menggunakan bensin Pertalite kepada segmen tertentu.

Baca Juga: Bukan pertalite dan premium, ini daftar 5 negara dengan harga bensin termurah dunia

“Program Langit Biru diharapkan mendapatkan dukungan regulasi dari Pemda Bali, Pemda DKI serta stakeholder lainnya, seperti,” terang data tersebut.




TERBARU

[X]
×