Reporter: Raymond Reynaldi | Editor: Test Test
JAKARTA. Pengusaha elektronik domestik sumringah. Sebab, Electronic Marketer Club (EMC) mencatat, penjualan barang elektronika selama Januari 2010 mencapai Rp 1,946 triliun, naik 4% dibandingkan Desember 2009 sebesar Rp 1,873 triliun.
Meski krisis mendera Indonesia, kata Ketua EMC Iffan Suryanto, statistik tersebut menunjukkan permintaan masyarakat terhadap barang elektronika tetap tinggi. “Kenaikan penjualan terjadi sejak paruh kedua tahun lalu. Dan terus berlanjut hingga awal tahun ini,” ujar Iffan, Jumat (19/2).
Pada Januari, penjualan semua jenis produk televisi menempati urutan teratas dari segi unit. Dimana, volume tv yang laku mencapai 339,057 unit. Disusul kulkas sebanyak 214,561 unit, dan video/disk player sebanyak 203,595 unit.
Namun, data EMC juga menunjukkan, dari tiga kategori produk dengan volume penjualan terbesar tersebut, hanya tv dan video/disk player yang tumbuh positif dibandingkan posisi Desember 2009. Untuk tv tumbuh 3,1% dari 328,768 unit, kemudian video/disk player sebesar 24,7% dari 163,249 unit. Sedangkan, kulkas malah melorot 0,8% dibanding posisi akhir tahun lalu sebanyak 216,292 unit.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News