Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Jane Aprilyani
KONTAN.CO.ID - Jangkau pasar lebih luas, Nestlé Professional membuka model bisnis baru yaitu kedai Nescafe. Sebanyak lebih dari 500 gerai dibuka di 89 kota Indonesia, kedai Nescafe menghadirkan tempat ngopi untuk semua kalangan baik anak-anak hingga dewasa.
Country Business Manager Nestlé Professional Indonesia Mochamad Machfud menjelaskan salah satu inovasi terbaru dari Nestlé yakni kedai Nescafe adalah rancangan yang dibentuk untuk menjangkau konsumen baik kalangan menengah bawah hingga menengah atas. Konsep kedai ini sendiri kata Machfud adalah gerai kopi yang berada di pinggir jalan, produk kopi maupun non kopi seperti Milo dan Nestea yang bisa dibeli dengan harga terjangkau serta penyajian khusus dengan menggunakan shaker yang bisa dilihat konsumen.
Sejak dibuka Januari 2025, kedai Nescafe sudah ada di 89 kota seperti Solo, Jogjakarta, Semarang, Kudus, Banyumas, Pekalingan, Tasikmalaya, Bandung, Tangerang, Depok, Bekasi dan berbagai kota lainnya. Hingga kini, lebih dari 500 gerai dibuka. "Harapannya akan buka di seluruh Indonesia, tetapi memang konsentrasi kami membuka kedai Nescafe di daerah yang konsumen sulit menemukan produk Nescafe," ujar Machfud di konferensi pers Kedai Nescafe di Sarinah, Kamis (14/8).
Untuk pembukaan gerai dan operator kedai Nescafe, Machfud bilang Nestlé menggandeng PT Ansena yang sudah berpengalaman lebih dari 15 tahun di industri Food & Beverage sebagai Operator Tunggal. Kolaborasi ini merupakan model bisnis non-kemitraan/non-franchise. "Kami tidak membuka kemitraan atau franchise untuk menjaga standar kualitas. Meskipun ada permintaan partner sampai 200 setiap bulan, tetapi kami tidak ada franchise," tuturnya.
Baca Juga: Raksasa kopi Nescafe Menyasar Gen Z Seiring Pergeseran Kebiasaan Konsumsi
Raisa, Brand Ambassador Nescafe Indonesia mengaku senang dengan kehadiran kedai Nescafe. Pasalnya, musisi berusia 35 tahun ini melihat adanya kedai Nescafe bisa memberikan akses untuk semua konsumen menikmati kopi lebih mudah dan terjangkau, tanpa mengorbankan rasa maupun pengalaman. "Sekarang, senang sekali saya bisa merasakan pengalaman ngopi terbaik bersama Nescafe, di mana pun saya tampil menyanyi di seluruh Indonesia,” kata Raisa.
Dalam kesempatan yang sama, Raisa dan kedai Nescafe juga memperkenalkan menu terbaru ‘Nescafe Es Kopi Klepon’, perpaduan antara kopi premium Nescafe yang khas dengan cita rasa manis gula aren dan gurih kelapa ala klepon, salah satu jajanan tradisional yang digemari masyarakat Indonesia. Menu terbaru ‘Nescafe Es Kopi Klepon’ sudah dapat dinikmati di beberapa gerai kedai Nescafe di area Jawa Tengah dan Jawa Barat.
Sufintri Rahayu, Direktur Corporate Affairs & Sustainability PT Nestlé Indonesia menambahkan melalui riset yang mendalam, kedai Nescafe hadir untuk menyajikan produk kopi bernutrisi ke semua kalangan konsumen. Dia berharap kedai Nescafe bisa menjadi bagian dari rutinitas harian dan momen kebersamaan masyarakat di berbagai penjuru Indonesia. "Inginnya kedai Nescafe bisa diterima dengan baik. Bukan sekedar menyajikan sesuatu yang baru tetapi bisa memberikan experience menarik bagi konsumen," ungkap Sufintri.
Baca Juga: Nestle Indonesia Bicarakan Transformasi Pengelolaan Sampah Berkelanjutan
Selanjutnya: Transaksi Digital Perbankan Makin Digenjot, Transaksi ATM Makin Mengkerut
Menarik Dibaca: Ini Penyebab Tingginya Kadar Kolesterol dalam Darah yang Penting Diketahui
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News