Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Operator seluler Telkomsel mengklaim layanannya, baik voice, SMS, dan internet saat ini berjalan dengan normal tanpa gangguan. Padahal sejumlah pengguna mengeluhkan kualitas layanan Telkomsel khususnya akses internet.
Pelanggan mengeluhkan gangguan layanan internet operator seluler tersebut, mulai dari kecepatan yang melambat hingga tidak ada koneksi sama sekali. Keluhan mencuat mulai awal pekan ini dan makin banyak pada Kamis (19/4).
Dari pantauan KompasTekno di Twitter, Kamis pagi, pelanggan Telkomsel yang mengalami gangguan internet berdomisili di berbagai daerah di pulau Jawa hingga wilayah Jayapura. Selain mengklaim jaringannya baik-baik saja, Telkomsel juga menyebut faktor eksternal yang mungkin menjadi biang keladi masalah yang dialami penggunanya.
Dalam sebuah pernyataan tertulis, Telkomsel mengatakan gangguan akses internet mungkin disebabkan oleh permasalahan pelanggan yang belum melakukan registrasi kartu SIM prabayar.
"Sejak tanggal 16 April, sesuai dengan surat edaran BRTI (Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia, Telkomsel mulai melakukan pemblokiran akses data internet," ujar VP Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati dalam keterangan yang dilayangkan ke KompasTekno, Kamis siang.
Telkomsel pun mengimbau para pelanggan prabayar agar segera melakukan registrasi. Meskipun tengah mengalami pemblokiran akses, proses registrasi tetap dapat dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk melakukan hal ini.
"Setelah sukses melakukan registrasi dengan benar, secara otomatis layanan yang terblokir akan kembali normal," imbuh Adita.
Gangguan di Papua Khusus untuk wilayah Jayapura dan sekitarnya, Telkomsel mengakui bahwa pihaknya tengah mengalami gangguan layanan data internet yang telah berlangsung sejak awal bulan ini.