Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Tendi Mahadi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Toyota Astra Motor (TAM) menuturkan pihaknya memulai tahun 2023 dengan catatan penjualan yang cukup baik. Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy Suwandy menjelaskan, sepanjang Januari dan Februari 2023 penjualan mobil Toyota sudah menyentuh level 56.306 unit.
"Pencapaian ini meningkat 18% dari tahun lalu di periode yang sama, untuk bulan Maret masih belum lengkap ya kami pegang, nanti kami update berkala," paparnya kepada Kontan, Senin (10/4).
Ia melanjutkan, meski momen Ramadan terjadinya cukup awal tahun ini. Tapi pihaknya berharap beragam produk-produk terbaru yang akan diluncurkan sepanjang 2023 ini bisa berkontribusi untuk terus meningkatkan pencapaian positif ini.
TAM juga memperhatikan, melihat timing di 2023 ini di mana momen Ramadan cukup awal datangnya, mobil-mobil MPV yang notabene disebut sebagai mobil keluarga mengalami kenaikan yang positif.
Baca Juga: Jelang Lebaran, Brio Masih Jadi Penopang Penjualan Mobil Honda
Penjualan mobil jenis MPV meningkat lebih tinggi dari persentase peningkatan seluruh model Toyota sebesar 22% dari level 25.846 unit di 2022 ke level 31.538 unit di 2023.
"Jadi, dari Januari ke Februari ini relatif masih sama ya. Namun perlu kita cek juga nanti mungkin angka Maret karena seharusnya sangat mungkin kenaikannya akan terjadi di bulan Maret ini sebagai titik awal bulan Ramadan," jelas Anton mengenai permintaan di momen jelang Lebaran.
Pihaknya menambahkan, jelang Lebaran 2023 pihaknya tidak melakukan penyesuaian harga apapun.
Anton menegaskan, memang momen-momen sebelum masa Ramadan dan Lebaran ini menjadi salah satu stimulus peningkatan penjualan kendaraan terutama di roda empat. Namun, biasanya peningkatan sudah terjadi bahkan sebulan sebelum masuk ke Ramadan.
Baca Juga: Alasan Mengapa Mitsubishi Xpander Hybrid Meluncur di Thailand Duluan
Di 2022, terlihat peningkatan yang cukup signifikan 34% dari bulan Februari di level 24.865 unit ke bulan Maret di level 33.344 unit.
"Melihat data tersebut, jadi memang ini cukup merefleksikan momen Ramadan dan Lebaran sebagai salah satu katalis yang mampu meningkatkan penjualan mobil," ujarnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News