kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jelang Natal dan Tahun Baru, KAI Perketat Penerapan Protokol Kesehatan di Stasiun


Senin, 20 Desember 2021 / 12:54 WIB
Jelang Natal dan Tahun Baru, KAI Perketat Penerapan Protokol Kesehatan di Stasiun
ILUSTRASI. Calon penumpang Kereta Api Jayabaya tujuan Malang menunjukan kartu vaksinasi di Stasiun Pasar Senen,


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jelang Natal dan Tahun Baru, PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah menyiapkan protokol kesehatan di setiap stasiun.

Di samping itu, KAI juga terus berupaya mengingatkan pelanggan untuk memperhatikan persyaratan yang telah ditetapkan pemerintah dalam hal perjalanan menggunakan kereta api di masa Natal dan Tahun Baru 2022.

“Seperti vaksin bagi pelanggan di usia di atas 12 tahun serta hasil negatif Rapid Test Antigen maupun PCR,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Senin (20/12).

Aturan tersebut terutama mulai keberangkatan 24 Desember di mana pelanggan di atas 17 tahun harus sudah memiliki Vaksin dosis lengkap dan pelanggan di bawah 12 tahun harus menunjukkan hasil negatif PCR yang berlaku 3x24 Jam.

Baca Juga: Kembangkan Perkeretaapian di Kota Bogor, KAI dan Pemkot Bogor Teken MoU

Pemeriksaan akan dilakukan oleh petugas di stasiun. Pelanggan yang tidak menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan, tiketnya akan dibatalkan dan tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan,” tegas Joni.

Sejauh ini, Joni mengatakan tiket yang terjual untuk periode 20 Desember hingga 4 Januari 2022 adalah rata-rata 12.000 tiket atau masih di bawah 30% dari total kapasitas yang KAI sediakan.

“Jumlah tersebut akan terus bergerak dikarenakan penjualan tiket masih berlangsung hingga saat ini. Tiket Kereta Api pada masa Natal dan Tahun Baru 2022 sudah dapat dipesan oleh masyarakat,” kata dia.

Sebagai informasi, KAI telah melayani 374 ribu pelanggan kereta api hingga 19 Desember 2021. Adapun rinciannya adalah 186.771 pelanggan KA Jarak Jauh dan 187.582 pelanggan KA Lokal.

Baca Juga: Naik Kereta saat Libur Nataru, Anak Wajib Tes PCR

Rata-rata pelanggan KA Jarak Jauh yang KAI layani pada periode tersebut adalah 62.257 pelanggan KA Jarak Jauh per hari. Jumlah tersebut masih lebih rendah jika dibandingkan sebelum pandemi di mana KAI rata-rata melayani 175.393 pelanggan KA Jarak Jauh pada angkutan Nataru 2019.

Di samping itu, rute yang menjadi favorit masyarakat pada periode 17-19 Desember tersebut seperti rute Jakarta-Cirebon pp, Jakarta-Purwokerto pp, Purwokerto-Yogyakarta pp, Madiun-Surabaya pp, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×