kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jelang Ramadan, Ikappi: Pemerintah Harus Pastikan Distribusi Pangan Lancar


Minggu, 20 Maret 2022 / 19:51 WIB
Jelang Ramadan, Ikappi: Pemerintah Harus Pastikan Distribusi Pangan Lancar
ILUSTRASI. Pedagang melayani calon pembeli kebutuhan pokok di Pasar kawasan Tanjung Duren, Jakarta,


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) menilai, ketersediaan bahan pokok akan aman sampai jelang Lebaran asalkan pemerintah dapat menuntaskan permasalahan distribusi dari hulu ke hilir.

Sekretaris Jenderal DPP Ikappi Reynaldi Sarijowan mengatakan, saat ini beberapa komoditas pangan sudah alami kenaikan di pasar tradisional. Beberapa di antaranya yaitu cabai merah yang sudah sentuh Rp 80.000 per kg.

Kemudian, harga telur yang sudah merangkak naik ke angka Rp 24.500 per kg disusul dengan harga bawang merah dan bawang putih sudah di atas Rp 30.000 per kg.

Kemudian harga daging sapi yang masih bertengger dengan harga tinggi di angka Rp 140.000 per kg dan minyak goreng kemasan di atas angka Rp 23.000 per liter.

Dia menambahkan kenaikan harga pangan jelang Ramdan sudah terjadi sejak awal bulan Maret ini. Reynaldi menambahkan, kenaikan harga pangan biasanya dibagi menjadi 3 fase di antaranya; fase pertama h-7 memasuki Ramadan, lalu akan ada kenaikan harga di fase ke 2 yaitu H-3 memasuki hari raya idul fitri dan disusul kenaikan semakin intens h+7 hari raya idul fitri.

Baca Juga: Minyak Goreng Curah Rp 14.000, Helmy Santika: Polisi Lewat Satgas Pangan Siap Back Up

“Maka untuk mensiasati adanya kenaikan harga lebih parah lagi, pemerintah harus memastikan ketersediaan pangan ini merata di seluruh pasar tradisional Indonesia. Tentu dengan begitu masyarakat bisa menjangkau daging, minyak goreng dan komoditas lain dengan harga lebih terjangkau,” ucap Reynaldi pada kontan.co.id Minggu (20/3)

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Ikaapi saat ini bahan pangan yang alami kelangkaan yaitu minyak goreng curah, cabai serta ketersediaan bawang. Reynaldi menambahkan, tapi kabarnya di bulan empat akan ada panen raya cabai dan bawang

“Walaupun begitu pemerintah harus memastikan proses distribusinya. Selain harus memastikan ketersediaan stoknya, kalau pendistribusiannya tersendat dari hulu tentu akan bermasalah di pasar atau di hilir,” tegas Reynaldi

Dia menegaskan, bagaimanapun juga pasar tradisional adalah ujung dari distribusi pangan rakyat, sehingga jika ada masalah dengan pendistribusian maka yang terjadi adalah kelangkaan komoditas dan harga yang dipastikan akan meroket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×