kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.006,00   -6,04   -0.60%
  • EMAS988.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Jelang Tahun Pemilu, Sektor Perhotelan Mulai Ketiban Berkah


Selasa, 02 Agustus 2022 / 21:24 WIB
Jelang Tahun Pemilu, Sektor Perhotelan Mulai Ketiban Berkah
ILUSTRASI. Jelang Tahun Pemilu, Sektor Perhotelan Mulai Ketiban Berkah. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sektor perhotelan mulai ketiban berkah menjelang tahun pemilihan umum atau pemilu. Aksi partai politik (parpol) yang sudah bergerak untuk berkampanye berdampak positif pada tingkat kunjungan hotel.

General Manager Hotel Santika (HS) Pandegiling Surabaya Ricky Rimbawan membenarkan hal tersebut. Sejauh ini pihaknya mengakui sudah mulai terlihat banyak partai politik yang berminat menyewa di HS Pandegiling.

"Sudah ada partai politik yang mulai kontak-kontak kami," ungkap Ricky saat diwawancarai Kontan.co.id, Senin (1/8).

Baca Juga: Pandemi Covid Mereda, Hotel Santika Pandegiling Surabaya Genjot Okupansi

Ricky menjelaskan bahwa tahun politik selalu menjadi momentum yang baik bagi HS Pandegiling. Acara-acara seperti kongres, musyawarah nasional, hingga gathering ramai dilakukan jelang pemilu di hotel bintang tiga ini.

Ia bilang bahwa tim sukses dari partai politik hingga relawan biasanya akan memilih HS Pandegiling, baik untuk penginapan ataupun menggelar acara semacam pertemuan. Hal ini karena reputasi HS Pandegiling yang sudah berdiri lebih dari 20 tahun dan segmen kelasnya.

Oleh karena itu, HS Pandegiling terus menjalin komunikasi dengan berbagai pihak terkait. Di samping itu, mereka juga mempererat komunikasi dengan KPU sebagai salah satu strategi menjelang pemilu 2024.

Dihubungi terpisah, General Manager Grand Sahid Jaya Venny Artha bilang bahwa hotel mereka telah mulai dipesan terkait keperluan dari partai politik.

Meski tidak menjelaskan pemesanan tersebut dari pihak mana saja, namun diakui minimal seminggu sekali hotel Grand Sahid Jaya selalu ada event partai politik. Selain itu, agenda KPU dan Bawaslu juga masuk dalam daftar.

Baca Juga: Bisnis Marina Menggeliat, Investor Melirik Tiga Lokasi Baru Ini

"Sudah ada beberapa partai yang melakukan meeting di tempat kami dan juga untuk beberapa bulan kemudian," kata Venny.

Venny pun meyakini tingkat kunjungan akan lebih baik lagi. Hal ini karena Grand Sahid Jaya yang berkedudukan di Jakarta ini didukung dengan area ballroom yang besar dan baru direnovasi tahun 2021.

"Maka kami yakin siap memberikan pelayanan terbaik untuk kegiatan menuju Pemilu 2024," imbuh Venny.

Artotel Group pun turut mengungkapkan bahwa sektor perhotelan mulai ramai dipesan untuk keperluan agenda menuju pemilu. Sejauh ini, sudah mulai banyak yang bertanya-tanya untuk memesan di hotel kelolaan Artotel Group diantaranya hotel yang berlokasi di Jakarta, Bandung dan Surabaya.

"Banyak sekali. Sudah banyak yang mulai menanyakan," ungkap Eduard R. Pangkerego, Chief Operating Officer Artotel Group.

Kendati masih dalam proses negosiasi, namun tim sales Artotel Group selalu berkomunikasi dengan pihak terkait yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilu seperti Parpol dan KPU.

Baca Juga: Lirik Sport Tourism, Investor Siap Bangun Hotel, Kafe dan Beach Club di Mandalika

Saat ini, hotel-hotel dalam pengelolaan Artotel Group baik untuk penyewaan kamar ataupun meeting, masih didominasi market dari segmen pemerintahan dan Badan usaha milik negara, misalnya untuk perjalanan dinas.

Adapun Artotel Group telah mengelola sebanyak 56 hotel di Indonesia, termasuk Dafam Hotel Management (DHM). Selain itu, sekitar 29 hotel sedang dalam pembangunan, serta beberapa hotel dalam proses negosiasi untuk dikelola.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×