kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jembo siap ekspansi ke kabel otomotif


Jumat, 07 Oktober 2016 / 10:41 WIB
Jembo siap ekspansi ke kabel otomotif


Reporter: Pamela Sarnia | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Bila tidak ada onak dan duri, produsen kabel PT Jembo Cable Company Tbk akan memproduksi kabel untuk kebutuhan industri otomotif. Rencananya, produksi kabel untuk kendaraan bermotor tersebut dimulai  pada kuartal IV tahun 2017. 

Satoru Yoshikawa, Direktur Manufaktur PT Jembo Cable Company Tbk, menyebutkan, penambahan produksi jenis kabel seiring permintaan. “Beberapa konsumen kami berharap memproduksi auto wire (kabel otomotif),” kata Satoru, kepada KONTAN usai paparan publik, (5/10)

Meski pasar otomotif saat ini tak terlalu kinclong, Satoru bilang, pasar otomotif beberapa tahun ke depan akan melaju kencang. Maka, Satoru memutuskan memproduksi kabel untuk kendaraan bermotor. 

Adapun segmen pasar yang dibidik Jembo Cable adalah pabrikan mobil asal Jepang yang banyak berdiri di Bekasi dan Karawang. Untuk produksi kabel jenis baru tersebut, Jembo memanfaatkan pabrik yang ada. Perusahaan akan   memodernisasi mesin pabrik.

Sampai akhir tahun ini, ada 4 mesin -5 mesin yang akan di modernisasi dengan investasi US$ 2 juta. Tahun depan, Jembo Cable berencana memodernisasi lagi sebanyak 3 mesin -4 mesin dari 150 mesin yang dimiliki. Adapun kondisi saat ini, rata-rata utilisasi pabrik kabel milik Jembo Cable sudah mencapai 70%-80%. Dengan kondisi saat ini, masih ada ruang bagi Jembo Cable menambah produksi.  

"Dalam sepuluh tahun lagi, permintaan kabel akan naik 60%. Makanya kami melakukan modernisasi mesin agar kapasitas produksi bisa bertambah," terang Yoshikawa.

Selain melakukan peremajaan mesin, emiten berkode saham JECC di Bursa Efek Indonesia (BEI) tersebut akan menambah dua mesin corrugated metal cable. Saat ini, Jembo Cable telah memiliki satu mesin corrugated metal cable dengan kapasitas produksi 60.000 kilometer (km) per bulan. "Kami menargetkan produksi dari tiga mesin corrugated metal cable bisa mencapai 150.000 km per bulan. Investasinya sekitar US$ 300.000 per unit. Mesinnya dari Korea dan China," kata Antonius Benady, Direktur Keuangan PT Jembo Cable Company Tbk.

Penambahan mesin karena corrugated metal cable merupakan penyumbang laba terbesar bagi Jembo Cable. "Corrugated metal cable salah satu produk dengan margin tinggi dan tidak semua pabrik kabel bisa memproduksinya," kata Antonius. 

Saat ini Jembo optimistis bisa mencapai target penjualan senilai Rp 2,1 triliun, naik ketimbang realisasi penjualan tahun 2015 senilai Rp 1,6 triliun. Sampai  September 2016, JECC meraup pendapatan Rp 1,5 triliun.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×