kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Jokowi banggakan teknologi pengolah kayu jadi kain milik APR


Jumat, 21 Februari 2020 / 13:09 WIB
Jokowi banggakan teknologi pengolah kayu jadi kain milik APR
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo memberikan arahan pada Rakornas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (6/2/2020). Jokowi banggakan teknologi pengolah kayu jadi kain milik APR. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.

Reporter: Abdul Basith | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo membanggakan teknologi pengolahan kayu menjadi kain di Pelalawan, Riau. Teknologi tersebut merupakan milik PT Asia Pacific Rayon (APR).

APR memproduksi rayon yang dapat digunakan sebagai bahan baku bagi industri tekstil. "Saya juga kaget lagi bahwa kayu bisa menjadi rayon bisa menjadi kain, orang tahunya kapas jadi kain tapi sekarang serat kayu, viscose, bisa jadi kain," ujar Jokowi saat meresmikan pabrik APR, Jumat (21/2).

Baca Juga: Jokowi apresiasi kapasitas penyemaian bibit terbesar di dunia milik APR

Jokowi bilang teknologi tersebut perlu diapresiasi. Paslanya hal itu menunjukkan kemampuan teknologi Indonesia yang tidak tertinggal dari negara lain.

"Ini sebuah hal yang perlu diangkat Indonesia tidak kalah dengan eropa, tidak kalah dengan AEerika dalam teknologi," terang Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi juga menegaskan teknologi tersebut bahkan tidak berada di kawasan Pulau Jawa yang dinilai sebagai kota yang lebih besar. Namun, teknologi tersebut berada di Kabupaten Pelalalwan, Riau.

Melihat hal itu, Jokowi meminta pada Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita untuk mengembangkan industri tekstil Indonesia agar tidak kalah saing dari Vietnam.

Baca Juga: Usulan cukai untuk kendaraan bermotor dinilai salah alamat

Selain Agus, Jokowi juga didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Presiden Moeldoko, dan Gubernur Riau Syamsuar.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×