kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi Minta Perusahaan Tambang Tiru Praktik Good Mining Practice Vale Indonesia


Kamis, 30 Maret 2023 / 17:22 WIB
Jokowi Minta Perusahaan Tambang Tiru Praktik Good Mining Practice Vale Indonesia
Presiden Joko Widodo?saat meresmikan Taman Kehati Sawerigading Wallacea?yang dikembangkan PT Vale Indonesia Tbk (INCO) di Sorowako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan pada Kamis (30/3/2023).


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - SOROWAKO. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta perusahaan tambang menjalankan praktik pertambangan yang baik dan memenuhi aspek keberlanjutan seperti yang dilakukan PT Vale Indonesia Tbk (INCO) di Sorowako, Sulawesi Selatan.

Kamis (30/3), Jokowi mengunjungi sejumlah fasilitas Vale Indonesia  di Sorowako yakni Taman Kehati dan area penambangan bijih nikel dan area reklamasai rehabilitasi lahan di Solia Hill.

Jokowi menilai positif upaya yang dilaksanakan Vale Indonesia di Taman Kehati yang merupakan fasilitas terintegrasi dengan pusat persemaian (nursery), penyiapan bibit, dan arboretum. Di sini INCO juga memberikan edukasi kepada anak-anak mengenai pentingnya lingkungan.

“Saya segera perintahkan kepada seluruh perusahaan tambang di Indonesia mencopy, meniru yang dilakukan Vale Indonesia,” kata Jokowi dalam konferensi pers di Taman Kehati Sawerigading Wallacea, Kamis (30/3).

Baca Juga: Jokowi Apresiasi Proyek Kerja Sama 4 Negara Bangun Smelter Nikel Senilai Rp 67,5 T

Jokowi menyampaikan, praktik pertambangan yang baik ini bisa diterapkan oleh perusahaan lain dalam bentuk peraturan dengan mempersiapkan aturan mainnya, terkhusus rehabilitasi dan reklamasi.

“Semua perusahaan tambang melakukan reklamasi dengan standar-standar internasional dan lingkungan yang  baik. Saya kira ini tidak sulit. Ini hanya mau atau tidak mau. Dan akan saya paksa untuk mau dengan peraturan. Dan tidak mahal,” tegas Jokowi.

Jokowi menegaskan, bagi perusahaan yang menerapkan pertambangan yang tidak baik, perlu dikoreksi dan semua akan dievaluasi. Ia melihat saat ini kelemahan Indoesia di manajemen kontrol lapangan.

“Ini yang mau kita perkuat sehingga semua harus melakukan. ini bukan hal yang sulit setelah saya melihatnya di lapangan,” ujarnya.

Baca Juga: Hari Kedua di Sulsel, Jokowi Akan Tinjau Panen Padi Hingga Kunjungi Smelter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×