Reporter: Dimas Andi | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Toyota berhasil menutup tahun 2022 dengan volume penjualan mobil sebesar 331.410 unit secara wholesales (pabrik ke dealer) atau naik 12,1% dari capaian tahun 2021 yang berada di level 295.000 unit.
Dengan hasil ini, Toyota sukses memimpin pasar otomotif Indonesia dengan pangsa pasar (market share) sebesar 31,6%.
Toyota menilai, pertumbuhan penjualan ini dipengaruhi oleh kembali pulihnya perekonomian nasional dan peningkatan daya beli masyarakat. Hal ini juga selaras dengan pertumbuhan pasar otomotif yang mulai pulih dan kembali solid setelah dilanda pandemi Covid-19 selama dua tahun belakangan.
Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengatakan, pihaknya berhasil mempertahankan tren positif pertumbuhan penjualan di sepanjang tahun lalu yang mencapai lebih dari 331.000 unit.
Baca Juga: Pilihan Harga Mobil Baru Rp 100 Jutaan di Awal Tahun 2023, Wuling Naik Banyak
"Kami berharap, tren ini akan terus berjalan ke arah yang positif sehingga Toyota dapat turut berkontribusi meningkatkan perekonomian, sekaligus memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan yang beragam,” kata Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto dalam siaran pers yang diterima Kontan, Selasa (24/1).
Pertumbuhan penjualan Toyota didukung penerimaan positif pelanggan terhadap deretan produk-produk pabrikan asal Jepang tersebut. Secara komposisi, penjualan Toyota pada tahun 2022 masih didominasi oleh segmen MPV yang berkontribusi sebesar 57,6%.
Beberapa line up MPV dan SUV Toyota seperti Avanza, Kijang Innova dan Kijang Innova Zenix, serta Rush masih menjadi pilihan utama solusi mobilitas masyarakat dan memimpin sebagai tiga mobil paling laku dari Toyota.
Hal ini tercermin dari angka penjualan Avanza pada tahun 2022 berhasil mencapai 60.619 unit, meningkat 49% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2021 sebesar 40.777 unit.
Baca Juga: Toyota Astra Motor (TAM) Penjualan Mobil Bisa Tembus 1,5 Juta
Apabila digabung dengan Veloz, angka penjualan Avanza dan Veloz mencapai 92.641 unit. Selain itu, mobil legendaris keluarga Indonesia, Kijang Innova yang baru saja diperbarui generasinya menjadi Kijang Innova Zenix berhasil mencatatkan penjualan 46.933 unit. Jika digabung, maka total penjualan segmen MPV Toyota menguasai lebih dari 52% pasar MPV nasional.
Segmen kendaraan elektrifikasi Toyota juga menunjukkan tren yang semakin positif tahun ini. Total penjualannya secara wholesales telah melebihi 4.463 unit. Angka ini naik sangat signifikan 130% dari tahun 2021 yang ditutup pada level 1.935 unit.
Pencapaian ini didukung lewat hadirnya kendaraan Battery EV pertama yaitu Toyota bZ4X, dan kendaraan Hybrid EV yang diproduksi lokal pertama Kijang Innova Zenix.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News