kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,72   14,42   1.59%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jualan properti lewat online kian diminati


Kamis, 27 Oktober 2011 / 08:30 WIB
Jualan properti lewat online kian diminati
ILUSTRASI. Goa Sutra Reregan merupakan goa pertama yang menghubungkan pengunjung ke goa selanjutnya. Dok: Instagram?Goa Sutra Reregean


Reporter: Maria Rosita | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Tren berjualan produk properti lewat internet terus menunjukkan taringnya. Hal ini tampak dari makin maraknya situs properti yang diakuisisi oleh investor asing.
Darmadi Darmawangsa, Ketua Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) berpendapat, investor asing membidik portal properti lantaran media ini bisa menjadi kanal pemasaran yang efektif bagi broker dan pengembang.
Itu sebabnya, awal tahun 2011, Allproperty Media Pte Ltd (PropertyGuru.com.sg) mengakuisisi Rumah.com senilai Rp 6 miliar. Disusul kemudian IPGA Ltd (iProperty.com) mengakuisisi www.Rumah123.com senilai Aus$ 1 juta, pada Juni lalu.
Menurut Darmadi, sebanyak 70% proyek yang ditawarkan dalam situs properti merupakan produk seken. "Semuanya ditawarkan, tidak cuma rumah tapak, tapi juga high rise building," tutur Darmadi kepada KONTAN, Rabu (26/10).
Tren penjualan properti lewat situs online yang tinggi pun tampak pada Rumah.com. Edwin Saleh, Manajer Penjualan Rumah.com mengatakan, saban bulan, situs ini bisa memperoleh pendapatan Rp 1 miliar. Pendapatan itu berasal dari aktivitas 15.000 anggota.
Seiring dengan bertambahnya anggota, perusahaan pun sudah memberlakukan tarif iklan atau biaya keanggotaan sejak Juni silam. Jadi, bagi anggota yang memasang iklan properti selama tiga bulan hingga setahun, wajib membayar Rp 550.000-Rp 1,2 juta. Menurut Edwin, setiap anggota bisa memasang iklan 50-250 properti. "Bila dibandingkan dengan iklan di media konvensional, biaya ini hemat 10%," kata Edwin.
Sementara itu menurut Meddy Papinka, Manajer Penjualan Rumah123.com, jumlah pengunjung Rumah123.com sudah mencapai 400.000 klik. Dengan jumlah pengunjung sebanyak ini, "Sangat logis pengembang dan broker menggunakan jasa portal," kata Meddy.
Hingga akhir tahun 2011 ini, Rumah123.com menargetkan penjualannya akan naik hingga 30%. Rumah123.com memperoleh pendapatan dari tarif iklan Rp 850.000-Rp 1,25 juta per tahun. Rumah123.com juga menarik tarif banner iklan sebesar Rp 500.000-Rp 90 juta per bulan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×