Reporter: Aprillia Ika | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
JAKARTA. Jenis kendaraan keluarga masih mendominasi peta penjualan otomotif di Indonesia. Tak heran jika pabrikan otomotif Honda dan VW ingin juga mencicipi manisnya segmen ini sekaligus menantang sang pemimpin pasar mobil keluarga, Toyota Avanza.
Berdasarkan data Gaikindo, total pasar mobil kelas multi purpose vehicle (MPV) dari Januari 2009 sampai April 2009 sudah terjual sebanyak 74.275 unit atau sebesar 57,14% dari total penjualan kendaraan komersial non sedan bulan Januari-April 2009 sebanyak 129.990 unit.
Besarnya pasar mobil jenis MPV memang mengundang banyak pabrikan otomotif untuk menjajalnya. Misalkan saja pabrikan asal Negeri Sakura Honda dan pabrikan asal Jerman Volkswagen (VW).
Kedua pabrikan ini bersiap meluncurkan kendaraan MPV seven seater terbaru pada bulan Juni 2009 mendatang. Uniknya, kedua mobil keluarga tersebut bakal sama-sama dirakit di Indonesia sehingga harga jualnya bakal lebih miring dan bersaing dengan kendaraan lain sekelasnya.
Honda sendiri akan mengusung Honda Freed. Kendaraan MPV seven seater ini mulai diperkenalkan ke publik bulan Maret 2009 lalu. "Honda Freed akan dirakit di Indonesia dan akan diekspor ke beberapa negara," tegas Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran PT Honda Prospect Motor, ATPM resmi Honda, melalui pesan singkatnya kepada KONTAN (13/5).
Lain lagi dengan VW. Pabrikan ini sudah pasti bakal merakit MPV Seven seater terbarunya, VW Touran. Perakitan ini akan menggunakan pabrik perakitan PT Indomobil. Pasalnya jumlah Touran yang dirakit baru sedikit. Hanya 100 unit saja sampai akhir tahun 2009. Walau begitu, toh persiapan VW memasuki pasar MPV ini mencaplok dana sebesar US$ 47 juta.
"Kita lihat, penjualan MPV selalu tinggi dan jenisnya terus melebar. Mulai dari Daihatsu Xenia sampai kelas MPV Premium. Makanya kita tertarik masuk pasar ini," terang Wanny Bhakti AP, Head of Public Relations Department PT Garuda Mataram Motor (GMM).
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News