kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,43   -20,30   -2.19%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kadin: IKM lokal harus percaya diri untuk ekspor


Jumat, 14 Oktober 2016 / 17:35 WIB
Kadin: IKM lokal harus percaya diri untuk ekspor


Sumber: Antara | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia) meminta industri kecil dan menengah percaya diri mengekspor produk yang mereka hasilkan ke berbagai negara.

Ketua Komite Pengembangan Ekspor Kadin Indonesia, Handito Joewono mengatakan, banyak pengusaha IKM di Indonesia yang masih enggan mengekspor produknya karena berbagai alasan, misalnya mereka sudah merasa puas dengan penjualannya di pasar domestik.

"Di beberapa daerah, mereka itu sudah puas kalau penjualannya sudah mencapai titik impas atau Break Event Point (BEP). Nah, ini yang perlu kita rayu, kita ajak untuk lebih bergairah," ungkap Handito.

Selain itu, keterbatasan informasi terkait ekspor barang juga menjadi alasan para pengusaha kecil dan menengah tidak berminat mengekspor produknya. Beberapa informasi tersebut di antaranya terkait perizinan ekspor, prosedur, logistik, hingga ketakutan besarnya biaya tambahan yang akan dikenakan.

"Kami membuka konsultasi terkait berbagai informasi soal ekspor. Jadi, bisa menghubungi Kadin untuk mendapat berbagai informasi tersebut," pungkas Handito.

Ia menambahkan, pameran dagang Trade Expo Indonesia yang digelar setiap tahun juga dapat menjadi wadah IKM untuk mencari berbagai informasi tentang peluang ekspor. Upaya tersebut menjadi salah satu strategi Kadin mencapai target peningkatan ekspor Indonesia hingga 500% dalam kurun waktu 10 sampai 15 tahun mendatang.

Jumlah eksportir aktif dalam negeri saat ini mencapai 200.000 perusahaan. Kadin telah membuat peta jalan atau roadmap untuk meningkatkan ekspor Indonesia hingga 500% yang telah diserahkan kepada Kementerian Perdagangan.

Kadin memiliki lima strategi untuk mencapai cita-cita tersebut, yakni penambahan jumlah eksportir, diversifikasi produk, pengembangan pasar ekspor, peningkatan harga ekspor dan pengembangan ekosistem ekspor.

(Sella Panduarsa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×