Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Handoyo .
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat terjadi lonjakan pelanggan kereta api pada long weekend pada libur Hari Kemerdekaan RI dan Tahun Baru Islam kemarin.
VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, pada periode 14 Agustus 2020 hingga 23 Agustus 2020 KAI melayani 656.950 pelanggan KA Jarak Jauh dan KA Lokal. Angka itu naik sebesar 40 persen dibandingkan dengan periode sebelumnya yaitu 469.926 pelanggan pada periode keberangkatan tersebut.
Selama masa libur panjang akhir pekan kemarin, KA Bengawan (Pasar Senen – Purwosari pp) menjadi KA paling favorit dengan melayani 13.992 pelanggan. “Adapun, 23 Agustus adalah tanggal favorit keberangkatan pelanggan dengan total 83.137 pelanggan yang KAI layani pada tanggal tersebut. Beberapa kota yang paling diminati pelanggan pada musim libur ini adalah Yogyakarta, Surabaya, Bandung, dan Purwokerto,” jelas Joni melalui siaran resmi, Senin (24/8).
Baca Juga: KAI tebar diskon tiket KA Cirebon dan Bandung
Secara keseluruhan, sejak KA Jarak Jauh dioperasikan kembali secara reguler pada 12 Juni lalu, jumlah pelanggan KA terus tumbuh. Pada saat awal dioperasikan, KAI hanya melayani rata-rata 23.000 pelanggan per hari di bulan Juni. Pada Agustus ini jumlahnya meningkat sebesar 143% menjadi rata-rata 56.000 pelanggan per hari.
Joni menyebut, peningkatan tersebut dikarenakan adanya penambahan jumlah KA yang dioperasikan menyesuaikan dengan tumbuhnya animo masyarakat dalam menggunakan kereta api. KAI juga memberikan berbagai promosi berupa diskon tarif tiket KA dan undian berhadiah untuk menarik minat masyarakat.
“KAI akan terus menambah perjalanan KA Reguler secara bertahap, untuk mengakomodir masyarakat naik kereta api di masa Adaptasi Kebiasaan Baru lebih banyak lagi,” kata Joni.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News