kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.679.000   7.000   0,42%
  • USD/IDR 16.490   100,00   0,60%
  • IDX 6.520   249,06   3,97%
  • KOMPAS100 949   42,15   4,65%
  • LQ45 738   34,14   4,85%
  • ISSI 202   5,55   2,82%
  • IDX30 382   17,70   4,85%
  • IDXHIDIV20 462   16,68   3,75%
  • IDX80 107   4,47   4,34%
  • IDXV30 110   2,54   2,36%
  • IDXQ30 125   5,23   4,36%

Permintaan Tinggi, KAI Catat 1,5 Juta Lebih Tiket untuk Mudik Lebaran Telah Terjual


Senin, 03 Maret 2025 / 11:03 WIB
Permintaan Tinggi, KAI Catat 1,5 Juta Lebih Tiket untuk Mudik Lebaran Telah Terjual
ILUSTRASI. Sejumlah penumpang antre untuk masuk ke gerbong kereta api di Stasiun Malang, Jawa Timur, Jumat (27/12/2024). Hingga 2 Maret 2025 pukul 07.00 WIB, sebanyak 1.531.266 tiket telah terjual atau 44,46% dari total kapasitas.


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat tingginya minat masyarakat dalam menggunakan transportasi kereta api untuk mudik Lebaran 1446 H/2025. 

Selama periode angkutan Lebaran pada 21 Maret–11 April 2025, KAI menyiapkan kapasitas angkut sebanyak 3.443.832 tiket Kereta Api Jarak Jauh (KA JJ) di Pulau Jawa dan Sumatra.

Hingga 2 Maret 2025 pukul 07.00 WIB, sebanyak 1.531.266 tiket telah terjual atau 44,46% dari total kapasitas. Puncak penjualan sementara tercatat pada H-3 Lebaran, 28 Maret 2025, dengan 104.564 tiket terjual. 

Baca Juga: KAI Siapkan 48.837 Perjalanan Angkut Penumpang Selama Lebaran

“Angka ini diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan masih berlangsungnya periode pemesanan,” ujar Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, Senin (3/3).

Berikut 10 stasiun tujuan dengan jumlah penumpang terbanyak:
1. Stasiun Pasarsenen: 159.231 penumpang
2. Stasiun Gambir: 84.867 penumpang
3. Stasiun Bekasi: 56.766 penumpang
4. Stasiun Yogyakarta: 51.035 penumpang
5. Stasiun Kiaracondong: 47.263 penumpang
6. Stasiun Surabaya Pasar Turi: 46.705 penumpang
7. Stasiun Purwokerto: 44.368 penumpang
8. Stasiun Lempuyangan: 42.662 penumpang
9. Stasiun Kutoarjo: 42.415 penumpang
10. Stasiun Surabaya Gubeng: 40.336 penumpang

Untuk memastikan kenyamanan pelanggan, KAI meningkatkan layanan dengan menambah personel di stasiun dan kereta, memperkuat layanan digital, serta mengoptimalkan fasilitas di berbagai titik layanan. 

Baca Juga: Jangan Sampai Kehabisan! Ini Jadwal Lengkap Pemesanan Tiket Kereta Mudik Lebaran 2025

Sebanyak 170 petugas Customer Service Mobile (CSM) telah ditempatkan di 39 stasiun di berbagai Daerah Operasi (Daop) dan Divisi Regional (Divre) guna memberikan informasi dan asistensi kepada pelanggan.

KAI juga memperluas penyediaan water station untuk mendukung keberlanjutan dan pengurangan limbah plastik. Empat stasiun baru, yakni Kertapati, Lamongan, Wonokromo, dan Sidoarjo, kini memiliki fasilitas ini, menambah total menjadi 28 stasiun.

“Kami mengingatkan pelanggan untuk merencanakan perjalanan dengan baik dan memanfaatkan layanan pemesanan tiket yang tersedia hingga 45 hari sebelum keberangkatan untuk KA jarak jauh. 

Baca Juga: KAI Commuter Bakal Tutup Loket di Semua Stasiun, Ini Penggantinya

Sementara itu, tiket KA lokal dapat dipesan mulai H-30 dan beberapa layanan lainnya sejak H-7 sebelum keberangkatan melalui aplikasi Access by KAI atau website kai.id,” tutup Anne.

Selanjutnya: Prospek Saham Batubara di Tengah Pelemahan Harga, Kebijakan DHE SDA dan HBA

Menarik Dibaca: Jadwal Buka Puasa 3 Maret 2025 di Jogja, Daerah Ini Maju 1 Menit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Finance for Non Finance Entering the Realm of Private Equity

[X]
×