kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,58   -6,78   -0.73%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KAI-DAMRI Kerjasama Layanan Antarmoda


Rabu, 02 Februari 2022 / 17:26 WIB
KAI-DAMRI Kerjasama Layanan Antarmoda
Pramugari?melayani calon penumpang usai peluncuran layanan antarmoda Kereta Api Jarak Jauh dengan Bus DAMRI di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (2/2/2022).


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (KAI) bekerja sama dengan Perum DAMRI menghadirkan layanan antarmoda Kereta Api Jarak Jauh dengan bus DAMRI. 

Lewat kerja sama itu, pelanggan KA jarak jauh dapat memesan tiket bus DAMRI untuk menuju stasiun keberangkatan maupun dari stasiun kedatangan ke tujuan yang diinginkan melalui aplikasi KAI Access. 

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, inovasi ini merupakan langkah KAI dalam membangun suatu ekosistem transportasi secara menyeluruh. Menurutnya integrasi antarmoda pada aplikasi KAI Access merupakan bentuk peningkatan pelayanan kepada pelanggan melalui kemudahan memesan tiket Bus DAMRI pada satu aplikasi.

“Hadirnya layanan first mile dan last mile menggunakan bus Damri ini diharapkan dapat membantu pelanggan KA yang ingin melanjutkan perjalanannya dari stasiun ke tujuan selanjutnya ataupun sebaliknya,” kata Didiek dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Rabu (2/2). 

Baca Juga: Pesan dan Bayar Tiket Damri Kini Bisa di Indomaret

Direktur Utama DAMRI Setia N. Milatia Moemin berharap, kerja sama ini dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dalam perjalanan terutama pada first dan last mile, serta memudahkan pelanggan dalam bertransportasi. 

“DAMRI pun terus mengembangkan sistem digitalisasi dalam pembelian dan pembayaran tiket, yaitu melalui DAMRI Apps maupun situs penjualan DAMRI,” kata dia. 

Sebagai informasi, di tahap awal, tiket bus DAMRI dapat dipesan dari KAI Access adalah rute Stasiun Gambir - Bandara Soekarno-Hatta pp serta Stasiun Yogyakarta - Hotel Wisata Magelang secara pulang pergi (PP).

Dia bilang, rute yang dipilih itu lantaran merupakan rute yang diminati pelanggan selama ini setelah atau sebelum menggunakan layanan kereta api. “Ke depan rute bus DAMRI yang dapat dipesan melalui KAI Access akan semakin dikembangkan,” tambah Milatia.

Adapun untuk dapat menggunakan layanan add on bus DAMRI, pelanggan harus mengupdate aplikasi KAI Access nya ke versi 4.9.0. Sementara cara untuk mendapatkan tiket bus DAMRI adalah dengan memilih tiket KA yang sudah dibeli pada menu my ticket, lalu pilih menu layanan, kemudian pilih menu Bus. Menu layanan Bus tersedia di aplikasi KAI Access hingga 1 jam sebelum kedatangan kereta di stasiun tujuan.

Di siai  pembayaran, pelanggan dapat menggunakan layanan antarmoda KAI - DAMRI dengan pembayaran melalui KAIPay, e-Wallet, dan QRIS. Setelah berhasil melakukan pembayaran, pelanggan akan mendapatkan QR Code Bus DAMRI untuk selanjutnya ditunjukkan kepada petugas di loket DAMRI. 

Baca Juga: Damri Royal Class Layani Rute Jakarta-Surabaya dan Jakarta-Malang, Cek Tarifnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×