kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.758.000   -23.000   -1,29%
  • USD/IDR 16.565   0,00   0,00%
  • IDX 6.511   38,26   0,59%
  • KOMPAS100 929   5,57   0,60%
  • LQ45 735   3,38   0,46%
  • ISSI 201   1,06   0,53%
  • IDX30 387   1,61   0,42%
  • IDXHIDIV20 468   2,62   0,56%
  • IDX80 105   0,58   0,56%
  • IDXV30 111   0,69   0,62%
  • IDXQ30 127   0,73   0,58%

KAI Group Layani 21,7 Juta Penumpang Selama Angkutan Lebaran 2025


Senin, 07 April 2025 / 21:20 WIB
KAI Group Layani 21,7 Juta Penumpang Selama Angkutan Lebaran 2025
ILUSTRASI. Penumpang melakukan verifikasi tiket kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (3/4/2025). Sebagian warga memilih mudik pascalebaran dikarenakan beberapa alasan seperti baru mendapatkan tiket setelah lebaran, waktu libur yang panjang, serta sistem Work From Anywhere (WFA) yang diterapkan sehingga mempermudah mereka tetap bekerja sekaligus bersilahturahim. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nym.


Reporter: Vatrischa Putri Nur | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. KAI Group telah melayani sebanyak 21.680.970 total penumpang selama periode Angkutan Lebaran 2025/1446 H yang berlangsung pada 21 Maret 2025 hingga 6 April 2025.

Hal ini disampaikan oleh Vice President Public Relations KAI Anne Purba. Anne mengatakan bahwa selama periode tersebut, KAI Group menyediakan 59,1 juta tempat duduk yang tersebar pada berbagai jenis layanan.

Sebagian besar atau sekitar 98 persen merupakan tempat duduk kelas ekonomi, termasuk untuk KA Jarak Jauh Ekonomi dan KA Lokal Ekonomi.

“Layanan ini mencakup kereta api jarak jauh, kereta lokal, Commuter Line, LRT Sumatera Selatan, KA Bandara, LRT Jabodebek, serta KA Perintis Makassar–Parepare,” bebernya melalui siaran pers, Senin (7/4).

Baca Juga: Ini 10 Kereta Api Ekonomi Terlaris yang Jadi Angkutan Lebaran 2025

Selama masa Angkutan Lebaran hingga tanggal 6 April Pukul 24.00 WIB, berbagai layanan di bawah KAI Group menunjukkan performa operasional yang solid. Layanan kereta api jarak jauh dan lokal yang dioperasikan langsung oleh KAI mencatatkan total 3.634.782 pelanggan.

Layanan Commuter Line dan kereta lokal yang dikelola KAI Commuter melayani 16.289.993 pelanggan, mencerminkan tingginya mobilitas masyarakat di kawasan aglomerasi.

Sementara itu, LRT Sumatera Selatan mencatat 267.973 pelanggan, dan KAI Bandara yang melayani rute ke dan dari bandara mencatat 362.629 pelanggan. Layanan wisata yang dikelola oleh KAI Wisata juga berkontribusi dalam melayani 15.684 pelanggan.

Untuk layanan kereta cepat Whoosh yang dioperasikan oleh KCIC, tercatat 272.904 pelanggan selama periode Angkutan Lebaran.

Baca Juga: BBM Subsidi Bantu Tarif Kereta Lebih Murah, KAI Catat Jutaan Penumpang Mudik Lebaran

“Pada 6 April 2025, Whoosh mencatat jumlah pelanggan harian tertinggi dengan 23.462 pelanggan dalam satu hari. Hingga 7 April pagi, total tiket Whoosh yang terjual sejak 21 Maret hingga 11 April telah mencapai 291.488 tiket,” tambah Anne.

Layanan LRT Jabodebek juga menunjukkan penjualan cukup baik, dengan jumlah pelanggan mencapai 824.135 orang. Di sisi lain, layanan KA Perintis Makassar–Parepare, yang relatif baru, terus menunjukkan pertumbuhan dengan melayani 12.870 pelanggan selama masa Lebaran hingga 6 April Pukul 24.00 WIB.

Melui pencapaian ini, Anne berharap jika KAI Group bisa terus menjadi pilihan utama masyarakat untuk mobilitas selama masa libur panjang.

Baca Juga: KAI Layani Jutaan Pelanggan, KA Makassar-Parepare Ikut Melonjak

Selanjutnya: Rupiah Spot Melemah pada Senin (7/4), Simak Proyeksinya untuk Selasa (8/4)

Menarik Dibaca: Dominan Cerah, Ini Prakiraan Cuaca Jakarta Besok (8/4)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag

TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES) Brush and Beyond

[X]
×