Reporter: Sri Sayekti | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik), anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia (Persero), terus menunjukkan perannya dalam mendukung pengembangan ekonomi kerakyatan melalui peluncuran Program Kemitraan Service Point khususnya Gerai. Dalam inisiatif ini, KAI Logistik memberikan pembebasan biaya administrasi sebagai langkah strategis untuk mendorong minat dan partisipasi masyarakat dalam sektor logistik serta peluas akses peluang ekonomi lokal.
Ayi Suryandi, Manager Marketing & Sales Courier KAI Logistik, mengungkapkan “Program ini tidak hanya menjadi bagian dari perluasan jaringan layanan KAI Logistik, tetapi juga menjadi stimulus kewirausahaan di tingkat lokal. Dengan menghilangkan beban biaya administrasi awal, calon mitra baik pelaku UMKM, individu, maupun komunitas memiliki peluang lebih besar untuk memulai usaha di bidang logistik tanpa harus khawatir terhadap biaya awal yang sering kali menjadi hambatan utama. Program free biaya administrasi ini berlaku hingga 30 Juni 2025.”
Baca Juga: KAI Logistik Hadirkan 43 Service Point Baru, Perluas Layanan Tingkatkan Aksesiblitas
Manfaat Keikursertaan Program Gerai KALOG Express :
- Mendorong Inklusivitas Usaha Program ini terbuka bagi siapa saja, termasuk mereka yang memiliki modal terbatas.
- Mempercepat Pembentukan Ekosistem Logistik Lokal Semakin banyak Service Point termasuk Gerai akan memperluas titik layanan logistik ke berbagai wilayah, khususnya area yang belum terjangkau.
- Peluang Pendapatan Tambahan bagi Masyarakat Masyarakat mampu memperoleh pendapatan dari aktivitas pengiriman barang dan layanan penunjang lainnya.
- Peningkatan Literasi dan Kompetensi Logistik Lokal Memperluas wawasan mitra pada bisnis logistik.
Syarat dan ketentuan kemitraan Gerai
- Administrasi (KTP, NPWP, Rekening Bank)
- Deposit sebesar Rp 500.000
- Perlengkapan penunjang berupa printer, timbangan, sign age/neon box
- Kendaraan roda dua
”Dengan keunggulan dan kekuatan yang dimiliki KALOG Express seperti jangkauan pengiriman yang luas, keberagaman jenis kiriman, kecepatan pengiriman, keselamatan barang, kemudahan akses layanan melalui digitalisasi layanan dan harga yang kompetitif akan menjadi poin utama untuk bergabung menjadi Gerai KALOG Express. Bermodalkan Smartphone dan manfaatkan lahan di rumah, kini masyarakat sudah bisa memulai usahanya sendiri” lanjut Ayi.
Baca Juga: Buka Akses dan Peluang Baru, KAI Logistik Teken MoU dengan GP Ansor Jatim
Program Gerai ini, merupakan inovasi pengembangan program kemitraan yang tersedia saat ini, di mana program gerai difungsikan sebagai titik layanan/dropping point, pengelola hanya menerima pengiriman barang pelanggan dan selanjutnya akan dikelola oleh petugas operasional KALOG Express untuk melanjutkan tahapan pengiriman hingga ke alamat tujuan.
”Program kemitraan gerai ini juga merupakan wujud nyata komitmen perusahaan dalam mendukung pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan, yang selaras dengan kerangka Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) khususnya nomor 8 tentang pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi,” tutup Ayi.
Baca Juga: Layanan Angkutan KA Peti Kemas Terus Diminati, KAI Logistik Luncurkan KA KALOG 3
Selanjutnya: Pengguna Bertambah, Produsen Motor Listrik Ini Siapkan Layanan Call Center 24 Jam
Menarik Dibaca: Havaianas dan Dolce&Gabbana Luncurkan Koleksi Baru, Perkuat Segmen Fashion Premium
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News