kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.443.000   13.000   0,91%
  • USD/IDR 15.155   87,00   0,57%
  • IDX 7.743   -162,39   -2,05%
  • KOMPAS100 1.193   -15,01   -1,24%
  • LQ45 973   -6,48   -0,66%
  • ISSI 227   -2,76   -1,20%
  • IDX30 497   -3,22   -0,64%
  • IDXHIDIV20 600   -2,04   -0,34%
  • IDX80 136   -0,80   -0,58%
  • IDXV30 141   0,18   0,13%
  • IDXQ30 166   -0,60   -0,36%

Kawasaki fokus jualan motor sport


Rabu, 09 April 2014 / 08:06 WIB
Kawasaki fokus jualan motor sport
ILUSTRASI. Harga kucing scottish fold dan karakteristiknya.


Reporter: Izzatul Mazidah | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Ada yang berbeda tahun ini bagi PT Kawasaki Motor Indonesia. Pabrik produsen motor Ninja ini bertambah satu lagi, yakni di kawasan industri MM2100 Cikarang Barat, Bekasi. Kawasaki optimistis kehadiran pabrik baru bisa mendukung target penjualan 200.000 unit motor sepanjang tahun 2014. Pabrik baru seluas 44.000 meter persegi (m²) ini berdiri di atas lahan 150.000 m².

Dalam setahun, kapasitas pabrik mencapai 150.000 unit motor. Pabrik ini memiliki fasilitas pengelasan, pengecatan, permesinan, perakitan mesin, dan fasilitas pengujian. Kawasaki mengklaim, ini adalah pabrik sepeda motornya yang terbesar setelah pabrik di Jepang dan Thailand.

Untuk tahap awal, Kawasaki merencanakan pabrik baru memproduksi empat jenis motor. Satu motor dari kategori sport, yakni Ninja RR Mono sedangkan tiga motor dari kategori off road & multi purpose, yakni KLX 150S, KLX 150L dan D-Tracker 150. Kawasaki optimistis, pabrik baru bisa mendukung penjualan di Indonesia.

"Tahun ini, kami akan memulai memproduksi motor completely knock down (CKD) dengan kapasitas lebih besar karena Indonesia pasar terbesar untuk Ninja RR Mono dan Ninja 250R," beber Yoshihiro Tanigawa, Presiden Direktur Kawasaki Motor Indonesia, usai meresmikan pembukaan pabrik di Cikarang Barat, Selasa (8/4).

Tak cuma itu, perusahaan ini juga menggadang pabrik ini bisa memenuhi pasar ekspor. Sejauh ini, Kawasaki mengekspor 1.000 unit motor per bulan ke Filipina, Malaysia, dan Thailand untuk jenis Ninja RR Mono dan KLX 150.

Shigeru Murayama, Chief Executive Officer Kawasaki Heavy Industries menambahkan, Kawasaki tetap yakin menjual motor sport meski 85% permintaan pasar sepeda motor Indonesia adalah motor bebek dan skuter. "Kami tetap akan fokus ke pasar motor sport premium," kata dia.

Gambaran potensi yang menggiurkan tersebut sepertinya menjadi sebab Kawasaki rela mengucurkan dana hingga Rp 1 triliun untuk membangun pabrik di MM2100. Hingga pabrik ini diresmikan kemarin, pembangunan tahap satu sudah rampung.

Produk baru

Shiyeko Kiyama, Presiden Direktur Motorcycle and Engine Kawasaki Heavy Industri menjelaskan, pengoperasian pabrik di MM2100 akan mengubah porsi sumber produksi. Pabrik MM2100 akan memasok sekitar 2/3 dari total produksi Kawasaki sebanyak 250.000 unit motor setahun. Sementara pabrik lawas di Pulo Gadung, Jakarta Timur memasok sisanya.

Secara bertahap, aktivitas produksi pabrik Pulo Gadung bakal dipindah ke MM2100. Ini terkait aturan wajib merelokasi pabrik ke kawasan industri, sesuai Peraturan Menteri Keuangan nomor 255/PMK.04/2011.

Selain mengoperasikan pabrik baru, Kawasaki berharap kinerja tahun ini terdorong produk baru. Tahun ini perusahaan itu telah merilis empat motor baru. Satu dari kategori off road & multi purpose yakni TRX 150 dan tiga dari kategori sport, yaitu dua tipe Ninja RR Mono dan satu Ninja Z1000. Yusuke Shimada

Deputy Division Head Marketing Kawasaki Motor Indonesia bilang, bakal ada empat motor baru lagi. Sayang dia masih merahasiakan produk baru ini. Yang jelas, "Kami menargetkan penjualan tahun 2014 bisa mencapai 200.000 unit motor," kata Yusuke.

Sekedar informasi, data terbaru Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menyebutkan, hingga Februari 2014, Kawasaki telah menjual 20.574 unit motor. Kinerja penjualan ini menempatkan perusahaan itu di posisi keempat, setelah Honda, Yamaha, Suzuki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×