kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kejar Target Net-Zero Emission, TMMIN Dukung Sinergi Triple Helix


Rabu, 25 Mei 2022 / 16:57 WIB
Kejar Target Net-Zero Emission, TMMIN Dukung Sinergi Triple Helix
ILUSTRASI. Gerakan Hijau Generasi Muda untuk Indonesia Bebas Emisi.


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam rangka memperingati 50 Tahun keberadaan Toyota Indonesia, hingga menuju 50 tahun mendatang berkontribusi bagi industri otomotif nasional, Toyota berkolaborasi bersama civitas akademia Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang mengadakan Seminar Nasional dengan tema “100 Years of Indonesia Automotive Industry, Realizing Indonesia Net-Zero Emission.” 

Aktivitas seminar ini merupakan bagian dari upaya mendukung dan mewujudkan cita-cita Pemerintah mencapai target masa depan Indonesia “Bebas Emisi,” 

Sebagai bagian dari warga dunia yang memiliki kontribusi besar dalam menghadapi tantangan perubahan iklim, Indonesia telah menyatakan komitmennya di dalam forum internasional dengan menargetkan tercapainya Net-Zero Emission pada tahun 2060. 

Sinergi serta keterlibatan berbagai sektor dalam kolaborasi triple helix antara pemerintah, akademisi, dan industri otomotif menjadi elemen penting untuk mendukung target ini melalui aktivitas kehidupan yang lebih hijau maupun pembangunan ekonomi nasional yang merata. Netralitas karbon akan menjadi penggerak utama perubahan di masa depan untuk segala sektor kehidupan, dan generasi muda nantinya akan memimpin Indonesia menjadi pemain global.

Baca Juga: Catat, GIIAS The Series 2022 Akan Digelar Mulai Agustus Mendatang

Toyota meyakini bahwa mahasiswa sebagai generasi muda dapat disiapkan lebih awal dalam mengambil inisiasi gerakan hijau, demi menghadapi tantangan di masa yang akan datang. Oleh karena itu, Institusi Pendidikan Tinggi memegang peranan strategis dalam mengembangkan, mengkaji, dan menyiapkan generasi muda sebagai SDM penerus berdaya saing tinggi. 

“Aktivitas seminar nasional ini harapannya dapat menjadi wadah diskusi komprehensif yang membantu dan mendukung akselerasi Indonesia mencapai target Net-Zero Emission. Hal tersebut tentunya dapat terwujud melalui sinergi bersama antara Institusi Pendidikan, Generasi Muda, dan juga sektor industri khususnya Industri Otomotif nasional,” ujar Warih Andang Tjahjono Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Rabu (25/5). 

Paparan seminar nasional dibuka oleh Direktur Mitigasi Perubahan Iklim Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Emma Rachmawati yang menjelaskan mengenai komitmen Pemerintah untuk mewujudkan target net-zero emission, serta pencapaian maupun strategi apa saja yang sudah dilakukan oleh Indonesia. 

Tuan rumah penyelenggaraan aktivitas perdana seminar nasional yaitu UNDIP akan menghadirkan Kepala Departemen Perencanaan Kota dan Wilayah Fakultas Teknis Mesin, Wiwandari Handayani yang memberikan perspektif global tentang net-zero emission, komitmen, kontribusi, & pencapaian Indonesia maupun industri yang bisa dilakukan. 

Baca Juga: Hyundai Motor Manufacturing Indonesia Lanjutkan Program Pelatihan R&D Perkuat SDM

Wiwandari juga akan memberikan penjelasan mengenai strategi negara lain yang bisa dijadikan contoh dan tolok ukur yang kemudian dapat diaplikasikan di dalam negeri. Selain itu, peran akademisi melalui penelitian dalam mendukung strategi implementasi target bebas emisi maupun tantangan yang kemudian hari akan dihadapi juga menjadi pembahasan detail yang disampaikan. 

Toyota Indonesia berkontribusi dan turut serta dalam upaya pengurangan emisi melalui ragam pilihan teknologi elektrifikasi multi-pathway sehingga semua pihak dapat berkontribusi dalam memerangi emisi karbon (carbon is our enemy). 




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×