CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.012,04   -6,29   -0.62%
  • EMAS990.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

KEK Nongsa Batam Kantongi Komitmen Investasi US$ 950 Juta


Kamis, 27 Januari 2022 / 12:12 WIB
KEK Nongsa Batam Kantongi Komitmen Investasi US$ 950 Juta
ILUSTRASI. Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Plt Sekretaris Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Elen Setiadi mengatakan, telah ada investor yang berminat berinvestasi pada KEK Nongsa Digital Park yang berlokasi di Batam, Kepulauan Riau.

Elen mengatakan, salah satu pembicaraan yang dibahas dalam Leaders’ Retreat antara Presiden Joko Widodo dengan PM Singapura Lee Hsien Loong di Kepulauan Riau adalah pengembangan ekonomi digital. Seperti diketahui, KEK Nongsa akan dikembangkan untuk infrastruktur data center.

“Termasuk juga kemarin bagian yang dibicarakan dari pertemuan Leaders Retreat Presiden dengan PM Singapura kemarin kan itu ada untuk pengembangan ekonomi digital, maka di situ ada juga KEK Nongsa. KEK Nongsa kan kita kembangkan untuk infrastruktur data center. Dan infrastruktur data center mereka sekitar ya sudah komitmen ada 3 investor sekitar US$ 950 juta,” kata Elen kepada Kontan, Rabu (26/1).

Elen mengatakan, sejumlah investor agak telat dalam merealisasikan investasi karena sebelumnya sempat ada pembatasan karena pandemi Covid-19. Sebab, biasanya investor akan melakukan kunjungan langsung ke lapangan. “Mudah–mudahan dengan travel bubble Singapura – Batam Bintan ini mereka bisa datang,” ucap Elen.

Baca Juga: Sepanjang 2021, Kontribusi Ekspor Kawasan Ekonomi Khusus Capai Rp 9,43 Triliun

Selain itu, investor juga memastikan bertemu dengan pengelola dan bertemu dengan Dewan Nasional KEK. Elen menyebut, investor biasanya membuat legal due diligence terkait administrasi. “Konsultan hukum kadang nggak update tentang fasilitas, mengenai pengelolaan dan sebagainya. Jadi seringkali misreport terhadap calon investor,” ucap Elen.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi mendapatkan komitmen investasi senilai US$ 9,2 miliar setelah melakukan pertemuan dengan PM Singapura Lee Hsien Loong. Dalam pertemuan tersebut diantaranya membahas mengenai penguatan kerja sama bilateral bidang ekonomi.

Sebagai informasi, KEK Nongsa berada di kota Batam provinsi Kepulauan Riau dan diresmikan dengan Peraturan Pemerintah nomor 68 tahun 2021.

KEK Nongsa Digital Park diharapkan menjadi entry point untuk perusahaan IT internasional , ditetapkan menjadi IT Hub Digital Bridge Indonesia ke Singapura dan Manca Negara. Menghemat devisa negara dalam bisnis digital hingga Rp 20 triliun - Rp 30 triliun per tahun dengan kontribusi terbesar dari sektor data center dan pendidikan Internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×