kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45832,75   2,05   0.25%
  • EMAS945.000 0,53%
  • RD.SAHAM -0.46%
  • RD.CAMPURAN -0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Kelar tahun 2021, begini perkembangan proyek tambang emas Ancora Resources (OKAS)


Rabu, 18 Desember 2019 / 17:46 WIB
Kelar tahun 2021, begini perkembangan proyek tambang emas Ancora Resources (OKAS)
ILUSTRASI. Direktur Utama Ancora Indonesia Resources Rolaw P. Samosir.

Reporter: Dimas Andi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Ancora Resources Indonesia Tbk (OKAS) terus menggeber pengembangan tambang emas melalui anak usahanya, PT Indotan Lombok Barat Bangkit (ILBB). Saat ini OKAS tengah mengurus berbagai perizinan untuk mendukung pelaksanaan proyek tambang emas tersebut.

Direktur Utama OKAS Rolaw P. Samosir menjelaskan, pada Januari 2019 silam, ILBB telah mendapatkan Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi (IUP OP) dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral yang berlaku 20 tahun dan dapat diperpanjang 2x10 tahun.

Baca Juga: Tambang emas milik Ancora Indonesia (OKAS) akan beroperasi pada 2021

Kemudian, di bulan Mei 2019 lalu, ILBB mendapat rekomendasi dari Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) tentang penggunaan kawasan hutan seluas kurang-lebih 4.226,45 hektare (ha). Lanjut di bulan Juli 2019, ILBB mengajukan permohonan Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) untuk kegiatan operasi produksi seluas kurang lebih 272,04 ha kepada Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

Saat ini, proses IPPKH sudah hampir selesai. “Kami menargetkan pekan terakhir akhir Desember ini sudah keluar IPPKH-nya,” kata Rolaw saat paparan publik, Rabu (18/12).

Setelah IPPKH diperoleh, akan dilakukan proses penetapan area kerja (PAK) yang diharapkan kelar pada kuartal pertama tahun 2020. Selanjutnya, proses Joint Ore Reserves Committee (JORC) akan dilakukan. “JORC rencananya berlangsung dari kuartal satu sampai kuartal tiga tahun depan,” sebut dia.

Adapun pembangunan infrastruktur tambang emas akan dimulai pada kuartal III 2020 dan ditargetkan selesai pada pertengahan tahun 2021. Jika tak ada halangan, pada saat itu pula operasi dan produksi dari ILBB akan dimulai.

Rolaw menyampaikan, di saat proses pengembangan tambang ILBB dilakukan, OKAS juga menggarap proyek lainnya, yakni pembangunan pabrik booster di Kalimantan Timur.

Baca Juga: Emiten berbondong-bondong garap tambang emas, ini kata analis

Jelang berakhirnya tahun ini, proyek tersebut masih dalam tahap pengerukan lahan. OKAS menargetkan pabrik booster akan rampung pada kuartal keempat 2020 nanti. Keberadaan pabrik ini akan mendukung bisnis peledakan komersial yang dijalankan OKAS lewat anak usahanya, PT Multi Nitrotama Kimia (MNK).

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
MiniMBA on Problem Solving using world class consultants approach Sukses Memimpin: Kunci Kepemimpinan Asertif Batch 2

[X]
×