kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 -1,49%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kembangkan BIsnis Listrik di Tanzania, PLN Akan Kerja Sama dengan TANESCO


Sabtu, 26 Agustus 2023 / 07:13 WIB
Kembangkan BIsnis Listrik di Tanzania, PLN Akan Kerja Sama dengan TANESCO
ILUSTRASI. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN berencana menjalin kerja sama dengan Tanzania Electricity Supply Co. Ltd. (TANESCO), untuk mengembangkan bisnis kelistrikan yang reliable dan sustainable di Tanzania.


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PLN berencana menjalin kerja sama dengan Tanzania Electricity Supply Co. Ltd. (TANESCO), untuk mengembangkan bisnis kelistrikan yang reliable dan sustainable di Tanzania. TANESCO merupakan badan usaha milik negara (BUMN) Tanzania.

Potensi kerja sama antara keduanya semakin terbuka saat Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, turut mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam lawatan ke Afrika termasuk ke Tanzania pada 20-24 Agustus 2023 lalu.

Darmawan berujar, TANESCO melihat sepak terjang PLN selama ini dalam bisnis kelistrikan. Atas dasar itulah, TANESCO kemudian ingin melakukan pengembangan bisnis yang sama di Afrika.

“Kami akan bekerja sama dalam pengembangan ekosistem sektor kelistrikan di Tanzania. TANESCO juga melihat transformasi bisnis yang PLN lakukan dan transformasi tersebut hendak diadaptasi oleh mereka di Tanzania,” ujar Darmawan dalam siaran pers baru-baru ini.

Baca Juga: Sudah Banyak Raih Pinjaman Hijau, PLN Kaji Potensi Pendanaan Inovatif Lain

Sebelumnya, TANESCO sudah lebih dulu mengunjungi Indonesia. Menteri Energi Tanzania, January Makamba dan Manajemen Tanesco langsung menyambangi kantor PLN pada 10 Februari 2023 silam.

Pada serangkaian pertemuan Presiden RI Joko Widodo di Afrika ini, PLN dan TANESCO diagendakan melakukan kesepakatan kerja sama dalam bidang transformasi digital, pengembangan bisnis, dan juga peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

“Dalam lawatan ini juga sekaligus menjadi bentuk ekspansi bisnis PLN (untuk core business ketenagalistrikan dan beyond kWh) ke Afrika khususnya Tanzania, di mana potensi pasar di Afrika yang cukup besar,” terang Darmawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×