kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenparekraf dan Paxel berikan eKuliner Awards 2021 untuk pelaku UMKM


Senin, 02 Agustus 2021 / 07:42 WIB
Kemenparekraf dan Paxel berikan eKuliner Awards 2021 untuk pelaku UMKM
ILUSTRASI. Paxel Market.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Paxel, perusahaan logistik berbasis teknologi menggelar penghargaan "eKuliner Awards 2021". Ajang ini digelar untuk mendukung dan memotivasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berinovasi memasarkan produknya secara digital.

CEO Paxel Bryant Christanto menyampaikan, melalui teknologi dan logistik, Paxel telah membantu UMKM Kuliner untuk memasarkan produknya kepada jutaan pelanggan baru se-Indonesia. Bryant menyebut kenaikan omzet UMKM Kuliner Online bisa mencapai tiga kali lipat dengan jumlah order luar kota hingga ratusan ribu paket per bulan.

“Fakta menariknya berdasarkan data, kita dapati bahwa makanan khas daerah tertentu menjadi favorit orang-orang di daerah lain, seperti orang Jabodetabek suka membeli  bakwan Surabaya dan orang Bandung suka membeli pempek,” ungkap Bryant dalam keterangan tertulis yang disampaikan kepada Kontan.co.id, Jumat (30/7).

Selama periode Lebaran lalu, Paxel melihat adanya peningkatan pertumbuhan pelaku UMKM Kuliner yang sangat tinggi. Bryant menyebut, Paxel mencatat setidaknya ada 900.000 makanan dari ratusan ribu pelaku UMKM Kuliner Online yang aktif mengantarkan ordernya dengan Paxel ke dalam dan luar kota.

"Ini sejalan dengan tren mengirim hampers yang meningkat mulai dari awal Ramadhan, sekaligus akibat dari pelarangan mudik yang membuat banyak orang memilih untuk jajan makanan khas kampung halamannya sebagai obat kangen rumah,” ujar Bryant.

Baca Juga: Buka pengiriman internasional, PaxelMarket dorong UMKM kuliner gapai pasar ekspor

Sejak berdiri di akhir tahun 2017, Paxel telah mengukuhkan posisinya sebagai ekosistem digital yang membantu memasarkan produk sekaligus mendorong perekonomian lebih dari 1 juta pelaku UMKM Kuliner Online di Indonesia, lewat layanan sameday delivery  dan platform belanja jajanan khas daerah, PaxelMarket. 

Sebagai dukungan kepada UMKM Indonesia agar semakin fokus dan semangat berbisnis, Paxel menghadirkan penghargaan bergengsi “eKuliner Awards 2021 Musim Lebaran” untuk UMKM Kuliner Online yang juga didukung oleh Kemenparekraf Republik Indonesia. 

Berdasarkan data transaksi penjualan UMKM Kuliner selama periode Lebaran 2021, terdapat 15 UMKM Kuliner Online dari 13 kota di Indonesia yang mencatatkan jumlah transaksi terbesar dan masuk dalam nominasi dari kota: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, Denpasar, dan Makassar.




TERBARU

[X]
×