kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemhub luncurkan kapal perintis KM Sabuk Nusantara 76


Kamis, 12 April 2018 / 12:40 WIB
Kemhub luncurkan kapal perintis KM Sabuk Nusantara 76
Peluncuran Kapal Perintis dari Galangan Steadfast Marine


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Satu lagi kapal perintis pesanan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan dengan nama KM Sabuk Nusantara 76, diluncurkan pada Kamis (12/4). Peluncuran dilakukan oleh Direktur Perkapalan dan Kepelautan Kemhub Junaidi didampingi Direksi Steadfast Marine dan KSOP Pontianak dari galangan kapal PT Steadfas Marine Pontianak.

KM Sabuk Nusantara 76 merupakan kapal perintis tipe 2.000 GT. Junaidi mengatakan, pembangunan sarana dan prasarana transportasi laut seperti pembangunan kapal dilakukan guna memperlancar arus penumpang, barang dan jasa ke seluruh penjuru tanah air Indonesia.

Selain itu, manfaat lain yang akan diperoleh dengan pembangunan kapal ini adalah memperlancar distribusi logistik, sehingga akan meningkatkan roda perekonomian secara nasional serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

"Pemerintah berharap melalui pembangunan kapal perintis seperti KM Sabuk Nusantara 76 akan lebih meningkatkan konektivitas antar pulau di seluruh wilayah Indonesia. Dan akan meningkatkan roda perekonomian secara nasional serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia,” ujar Junaidi dalam keterangan resmi, Kamis (12/4).

Junaidi menjelaskan, proses peluncuran kapal ke perairan merupakan salah satu proses pembangunan suatu kapal yang menandai selesainya pembangunan konstruksi kapal, sehingga masih perlu dilanjutkan dengan tahapan-tahapan penyelesaian lainnya.

Oleh karena itu, ia sudah meminta galangan kapal Steadfast untuk menyelesaikan pembangunan semua kapal yang dibangun di galangannya sesuai dengan spesifikasi teknis yang berlaku dan sesuai dengan kontrak yang telah disepakati bersama dengan tetap memperhatikan faktor-faktor keamanan dan keselamatan.

Menurut Junaidi, nantinya seluruh kapal-kapal perintis yang baru dan dipesan oleh Kementerian Perhubungan ditarget akan selesai tahun ini dan akan memperkuat armada kapal perintis yang sudah ada termasuk untuk mendukung angkutan laut pada masa angkutan Lebaran mendatang.

“Pemerintah berharap dengan selesainya pembangunan kapal perintis selain akan memperkuat armada yang sudah ada, juga menjadi salah satu bentuk nyata upaya pemerintah untuk mempersatukan seluruh wilayah Indonesia dengan menyediakan sarana transportasi laut yang memadai,” imbuh Junaidi.

Berikut data teknis Kapal Perintis tipe 2.000 GT:

Panjang seluruh (LOA): 68.50 m
Panjang antara garis tegak (LBP): 63.00 m
Lebar: 14.00 m
Tinggi: 6.20 Mm
Sarat air: 2.90 m
Kecepatan percobaan: 12 Knot (pada 85% MCR)
Kapasitas penumpang: 472 penumpang ekonomi tidur, 26  penumpang kelas
Jumlah awak kapal : 36 orang
Tamu: 8 orang
Tenaga Medis: 2 orang
Barang: 100.00 Ton

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×