Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Herlina Kartika Dewi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pariwisata memberikan pelatihan training for the trainers kepada 100 pengemudi Blue Bird. Kegiatan ini merupakan bagian dari Wonderful Indonesia Service Ambassador (WISA).
Pelatihan ini memberikan pemahaman mengenai Tourism Service Ambassador mulai dari hospitality, pengetahuan pariwisata dan teknik mempromosikan destinasi wisata. Ini akan melengkapi pelayanan kepada penumpang Blue Bird.
Arief Yahya, Menteri Pariwisata Indonesia memberi materi pelatihan tiga aspek yaitu service key success factor, customer contact point dan service level agreement. Hal ini merupakan kelanjutan dari rangkaian kerjasama Blue Bird dengan Kempar pada Maret lalu.
"Melalui pelatihan ini, para pengemudi Blue Bird dapat berperan maksimal sebagai konsultan destinasi wisata dalam memberikan rekomendasi terbaik seperti hotel, restoran, destinasi wisata sejarah dan alam kepada para penumpang Blue Bird, khususnya wisatawan dalam dan luar negeri," ujar Arief dalam siaran pers, Rabu (16/5).
Adrianto Djokosoetono, Direktur Blue Bird mengapresiasi langkah Kempar yang mau memberikan pelatihan kepada pengemudinya. Sebab selain memberikan dukungan terhadap industri pariwisata, pelatihan ini akan mampu membuat pihaknya meningkatkan standar pelayanan.
Apalagi saat ini perusahaan sudah beroperasi di hampir 18 destinasi wisata unggulan Indonesia, termasuk kota-kota besar diantaranya seperti Jakarta, Batam, Bali, Bandung, Lombok, Semarang, Manado, Medan, Palembang, Pekanbaru, Makassar dan Surabaya.
"Pelatihan ini tentunya berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pelayanan dari pengemudi Blue Bird," kata Adrianto.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News