kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Kemperin akan kawal industri kosmetik lokal


Selasa, 18 Oktober 2016 / 20:48 WIB
Kemperin akan kawal industri kosmetik lokal


Reporter: Umi Kulsum | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Perkembangan industri kosmetik lokal di tanah air terus berkembang. Banyak produsen skala UKM pun bermunculan seiring permintaan terhadap jasa perawatan dan kecantikan yang terus berkembang.  

Teddy Caster Sianturi, Direktur Kimia Hilir Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengatakan, industri kosmetik lokal secara umum saat ini menjanjikan, baik untuk skala besar, menengah dan kecil. Hanya saja tugas pemerintah harus menyeimbangkan dengan pasar lokal agar semua tumbuh dan berkembang dengan segmen konsumen yang berbeda. 

Untuk itu Kemenperin merencanakan beberapa program untuk terus mendongkrak pertumbuhan industri lokal. Rencananya, 2017 nanti Kemenperin akan membuat program Bea Masuk Ditanggung Pemerintah (BMDTP) untuk impor bahan baku industri kosmetik. 

“Rencana kami ke depan sedang membimbing cara pembuatan kosmetik yang baik dan sosialisasi rencana sertifikasi wajib halal dari Kemenag untuk kosmetik yang akan diberlakukan pada tahun 2019 mendatang. Termasuk juga penyusunan standar kompetensi SDM industri kosmetik,” kata Teddy kepada KONTAN, Senin (18/10).

Industri kosmetik lokal yang terus bertumbuh ikut dirasakan juga oleh beberapa pelaku kosmetik di Indonesia. Nurhayati Subakat, CEO Wardah, bilang saat ini pertumbuhannya bagus dan tahun ini bertumbuh 30% dibanding dengan tahun lalu. Sejauh ini Wardah masih fokus menggarap pasar lokal.

Sementara itu, Desril Muchtar, Corporate Secretary PT Martina Berto Tbk dengan merek dagang Martha Tilaar, mengaku peningkatan tidak terlalu besar dibanding tahun lalu. Namun Desril menilai, memang potensi pasar kosmetik lokal ini ke depannya akan terus meningkat, maka itu kami terus mengembangkan inovasi terbaru produk kami dan terus menjaga kualitas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×