kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemtan akan meresmikan 6 politeknik pembangunan pertanian


Senin, 10 September 2018 / 13:39 WIB
Kemtan akan meresmikan 6 politeknik pembangunan pertanian
Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian menjelaskan rencana Polbangtan


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Narita Indrastiti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pertanian (Kemtan) akan meresmikan enam Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) pada 18 September mendatang. Polbangtan ini merupakan transformasi dari Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP).

Dengan adanya Polbangtan ini, terdapat tiga belas program studi yang akan ditawarkan, yakni program studi penyuluhan pertanian berkelanjutan, penyuluhan perkebunan presisi, dan teknologi produksi tanaman perkebunan.

Lalu ada penyuluhan peternakan dan kesejahteraan hewan, agribisnis hortikultura, kesehatan hewan, mekanisasi pertanian, teknologi benih, teknologi pakan ternak, produksi ternak, agribisnis peternakan, budidaya hortikultura, dan budidaya ternak. Sementara, STPP hanya memiliki tiga program studi.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Momon Rusmono mengatakan, pihaknya memang memiliki tiga program utama. Program pertama adalah program pemberdayaan petani terpadu, program regenerasi petani, juga program peningkatan kompetensi dan profesionalisme.

"Salah satu aksi mewujudkan atau melaksnakan porgram regenerasi adalah melakukan transformasi pendidikan vokasi pertanian," tutur Momon, Senin (10/9).

Momon berharap, adanya transformasi ini tak hanya menciptakan penyuluh pertanian yang kompeten, tetapi juga menyiapkan pengusaha muda pertanian dan bisa menjadi pencipta lapangan kerja.

Metode pembelajrann yang ditawarkan pun menggunakan penerapan teaching factory dimana 30% merupakan teori dan 70% adalah praktek. Menurut Momon, model pembelajaran ini bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan kewirausahawan peserta didik yang dibutuhkan pasar juga konsumen.

Tahun ini, Momon mengatakan dari 20.000 pendaftar, terdapat 12.000 peserta yang lolos tahap administrasi, dan hanya 1.300 orang yang diterima sebagai mahasiswa. "Tahun ini sudah ada 1.300 mahasiswa. Dalam waktu empat sampai lima tahun lagi, kami menargetkan mahasiswa baru sebanyak 3.500 orang," tutur Momon.

Enam Polbangtan ini adalah Politeknik Pembangunan Pertanian Medan, Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta - Magelang, Politeknik Pembangunan Pertanian Malang, Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa, dan Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari.

Di 2010, Momon mengatakan, Kemtan menargetkan akan ada 10 Polbangtan. 3 Polbangtan adalah transformasi dari SMK Penyuluh Pertanian dan satu lagi akan dibangun Politeknik Enjinering Pertanian (PEPI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×