kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenaikan harga batubara global dongkrak kinerja Harapan Duta Pertiwi (HOPE)


Senin, 30 Agustus 2021 / 09:49 WIB
Kenaikan harga batubara global dongkrak kinerja Harapan Duta Pertiwi (HOPE)
ILUSTRASI. Karoseri alat berat PT?Harapan Duta Pertiwi Tbk (HOPE).


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenaikan harga batubara di pasar global mendongkrak kinerja PT Harapan Duta Pertiwi Tbk (HOPE). Jumlah pesanan karoseri kendaraan angkutan yang dilakoni perusahaan pun melonjak drastis.

“Kenaikan harga komoditas belakangan ini, khususnya harga batubara membuat pesanan karoseri kendaraan kepada kami meningkat tajam,” kata Kevin Jong, Direktur Utama Harapan Duta Pertiwi dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Senin (30/8).

Asal tahu saja, harga batubara di pasar ICE Newcastle (Australia) tercatat sempat menyentuh level US$ 169,75 per ton pada 16 Agustus 2021. Harga itu menjadi salah satu level tertinggi bagi batubara.

Lebih lanjut Kevin bilang, dalam tiga bulan terakhir order pembuatan karoseri kendaraan mulai naik. Permintaan berasal dari sektor logistik dan pertambangan. 

“Sektor-sektor itu (logistik dan pertambangan) yang menopang kinerja kami. Saat ini, nilai order penjualan yang sudah kami terima cukup banyak,” tambah dia.

Melihat kondisi itu, HOPE optimistis, hingga akhir tahun 2021 penjualan akan terdongkrak dan mencetak kinerja yang lebih besar dibandingkan 2020. 

Baca Juga: Listing besok, Harapan Duta Pertiwi (HOPE) kantongi dana IPO sebesar Rp 100,49 miliar

 

Kevin menambahkan, pada tahun 2020, sektor karoseri terpukul karena adanya pandemi Covid-19 yang di Indonesia muncul sejak Maret 2020. Permintaan karoseri anjlok terutama sejak adanya pembatasan pergerakan orang guna menghambat penyebaran Covid-19.

Indonesia sempat menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada 2020. Lalu, menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada 2021. PPKM itu mencakup juga PPKM Darurat dan PPKM berdasarkan level, yakni level 1 hingga 4.

“Saat ini, bila PPKM selesai dan vaksinasi Covid-19 berjalan cukup baik sesuai target pemerintah, ekonomi akan bangkit,” papar Kevin.

HOPE berdiri sejak 2005 dan bergerak di bidang karoseri pada kendaraan truk atau kendaraan komersial di Indonesia. Saat ini, berbagai macam lini produk karoseri HDP mencakup dump truck, tangki air, tangki crude palm oil (CPO) dan bahan bakar minyak (BBM). Lalu, tangki hi-blow, cement mixer, wing box, dan box besi untuk transporter logistik. Selain itu, trailer untuk mengangkut kontainer, self-loader untuk mengangkut alat berat dan berbagai produk high engineering lainnya.

Perusahaan ini tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak Mei 2021 melalui penawaran umum saham perdana alias initial public offering (IPO). HOPE merupakan perusahaan tercatat ke-17 pada tahun ini. 

Selanjutnya: Rupiah spot dibuka menguat ke Rp 14.408 per dolar AS pada hari ini (30/8)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×