kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45995,96   -12,32   -1.22%
  • EMAS991.000 1,02%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Kenaikan Harga Jual Eceran Rokok Diramal Bakal Kurangi Volume Penjualan Emiten Rokok


Senin, 03 Januari 2022 / 20:00 WIB
Kenaikan Harga Jual Eceran Rokok Diramal Bakal Kurangi Volume Penjualan Emiten Rokok
ILUSTRASI. Rokok Gudang Garam (GGRM). KONTAN/Cheppy A. Muchlis/20/06/2019


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Industri rokok beserta para emiten produsen rokok resmi menghadapi kenaikan Harga Jual Eceran (HJE) rokok, termasuk sigaret, cerutu dan rokok elektrik telah naik mulai Sabtu (1/1) lalu.

Lebih jauh, kenaikan tertinggi terjadi pada Sigaret Putih Mesin golongan I, yakni hingga Rp40 ribu per bungkus. Hal ini juga terjadi pada tarif cukai rokok yang naik. Pemerintah menaikkan tarif Cukai Hasil Tembakau (CHT) sebesar rata-rata 12%.

Analis BCA Sekuritas, Achmad Yaki menilai jika kenaikan harga yang dibebankan kepada konsumen ini akan berimbas kepada volume penjualan rokok tersebut. Tak ayal, kebijakan ini berpotensi menurunkan gross revenue dari emiten rokok.

Baca Juga: Analis RHB Sekuritas: Harga Jual Eceran Rokok Naik Berimbas ke Industri

"Kenaikan harga yang di-passed on kepada konsumen, akan berimbas pada volume penjualan rokok tersebut. Gross revenue diproyeksi bisa menurun dari emiten rokok," ujarnya kepada Kontan, Senin (3/1).

Ia melanjutkan, secara umum emiten rokok sudah menyiasati kebijakan ini dengan membuat varian rokok yang lebih terjangkau. Namun demikian, emiten juga perlu membuat survei pasar terlebih dahulu sebelum meluncurkan varian rokok lainnya, agar lebih tajam melihat segmentasi pasar.

"Dengan target fundamental, masih fully valued PT Gudang Garam Tbk (GGRM) TP 36000 dan PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (HMSP) TP 950," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×