kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kereta Api tambah satu armada kereta barang


Selasa, 01 November 2016 / 10:52 WIB
Kereta Api tambah satu armada kereta barang


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Adi Wikanto

Jakarta. PT Kereta Api Logistik (KALOG) menambah satu armada kereta api barang Over Night Service (ONS) untuk memperkuat bisnis perusahaan di sektor layanan kurir atau KALOG Express. Kereta api tersebut akan melayani lintas selatan rute Jakarta-Surabaya dan sebaliknya.

Kereta api barang yang melayani angkutan satu malam tersebut terdiri dari dari delapan gerbong dengan kapasitas mencapai 160 ton. KA Barang ONS lintas selatan ini mulai dioperasikan pada Jumat (28/10) yang diberangkatkan dari stasiun Jakarta Gudang dengan tujuan akhir stasiun Surabaya Turi.

Direktur Operasi dan Pemasaran KALOG, Sugeng Priyono mengatakan KA ONS lintas selatan akan meningkatkan lebih dari 150% kapasitas angkut perusahaan menjadi maksimal 510 ton/hari dari semula hanya 190 ton/hari untuk perjalanan pulang pergi. " Ini juga akan menyumbang pertumbuhan volume okupansi angkutan setidaknya 50% hingga akhir tahun 2016." katanya, Minggu (30/10)

Alasan KALOG mengoperasikan kereta barang tersebut karena potensi dan peluang angkutan khususnya pada lintas selatan cukup tinggi. Pengoperasian KA ONS lintas selatan diharapkan meningkatkan layanan kurir perusahaan. Maklum kereta ini akan melalui banyak kota seperti Cirebon, Purwokerto, Gombong, Kebumen, Solo, Jombang dan kota lainnya sehingga menawarkan akses layanan dan kemudahan bagi konsumen.

Sugeng juga berharap dengan kehadiran KA ONS lintas selatan tersebut bisa mendorong pengalihan angkutan barang dari truk ke kereta api sehingga mengurangi kemacetan yang ada di jalan raya.

Pada tahap awal, guna menjaring pasar dan meningkatkan minat pelangan baik retail skala kecil hingga korporasi, KALOG Express akan memberikan diskon hingga 27 November 2016 untuk angkutan dari semua relasi sepanjang lintasan Jakarta menuju Surabaya dan sebaliknya untuk berat barang minimal 1.000 kg.

KA ONS lintas selatan ini akan melengkapi tujuh kereta yang sebelumnya telah dioperasikan KALOG Express diantaranya ONS lintas utara dan KA Barang pada KA Penumpang Anggrek Pagi, Bangunkarta, Senja Utama Solo, Majapahit, Logawa, dan Mutiara Selatan.

Baru-baru ini, KALOG Express juga telah melakukan peningkatan okupansi melalui penambahan satu gerbong kapasitas 20 ton pada KA ONS lintas utara dan meningkatkan kapasitas menjadi 10 ton yang semula 5 ton pada KA Senja Utama Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×