kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ketersediaan daging sapi di Jawa Tengah surplus


Kamis, 02 Juni 2016 / 11:41 WIB
Ketersediaan daging sapi di Jawa Tengah surplus


Sumber: Antara | Editor: Dikky Setiawan

SEMARANG. Ketersediaan daging sapi di Jawa Tengah saat ini hingga Lebaran mendatang surplus. Demikian diungkapkanĀ Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Tengah Priyo Anggoro.

"Berdasarkan catatan kami, kebutuhan daging sapi di Jawa Tengah saat ini hingga Lebaran mendatang sebanyak 39.932 ton," katanya di Semarang, Kamis (2/6).

Sedangkan untuk ketersediaan daging sapi hingga saat ini mencapai 48.519 ton. Oleh karena itu, dipastikan Jawa Tengah tidak akan kekurangan stok daging sapi.

Meski stok cukup besar, diakuinya sampai saat ini fluktuasi harga daging sapi masih terjadi. Meski untuk Jawa Tengah harga daging sapi lokal kualitas baik mencapai Rp110 ribu/kg, harga tersebut lebih rendah dibandingkan dengan daerah lain.

Terkait hal itu, pihaknya berupaya agar harga bisa lebih stabil tetapi tidak merugikan salah satu pihak khususnya peternak.

"Jangan sampai kami menekan harga tetapi justru ini merugikan peternak. Kalau seperti ini produktivitas akan terganggu," katanya.

Pihaknya hanya meminta kepada peternak maupun distributor untuk mengantisipasi mata rantai yang terlalu panjang karena akan berdampak pada meruginya konsumen akibat harga tinggi.

Untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya sudah menggelar pasar lelang di sejumlah daerah. Di pasar lelang tersebut, produsen langsung bertemu dengan pembeli maupun distributor.

"Tujuannya tentu untuk memutus mata rantai yang terlalu panjang. Pasar lelang ini tidak hanya untuk komoditas tertentu, tetapi hampir seluruh komoditas pokok termasuk bawang merah," katanya.

Sementara itu, terkait dengan ketersediaan daging sapi di Jawa Tengah yang cukup besar tersebut tidak menutup kemungkinan Jateng akan mengirimkan sebagian stok ke daerah lain.

"Jawa Tengah merupakan salah satu daerah yang berfungsi sebagai penyangga stok pangan nasional. Kalau memang memungkinkan, kami akan kirim ke daerah lain seperti yang sudah kami lakukan untuk komoditas beras dan bawang merah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×