kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.342.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kinerja Apexindo Pratama Duta (APEX) Terkerek Berkat Utilisasi Rig yang Naik


Jumat, 14 Juni 2024 / 07:16 WIB
Kinerja Apexindo Pratama Duta (APEX) Terkerek Berkat Utilisasi Rig yang Naik
ILUSTRASI. Apexindo (APEX) cetak kinerja positif di kuartal I-2024


Reporter: Filemon Agung | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. PT Apexindo Pratama Duta Tbk (APEX) mencatatkan peningkatan kinerja keuangan sepanjang kuartal I 2024.

Corporate Secretary APEX Frieda Salvantina mengatakan, terjadi peningkatan utilisasi rig pada tiga bulan pertama tahun ini. 

"Faktor pendorong kinerja Perseroan di kuartal I 2024 adalah karena adanya peningkatan utilisasi di periode tersebut dibandingkan dengan kuartal I 2023," kata Frieda kepada Kontan, Rabu (12/6). 

Tercatat, pendapatan APEX pada kuartal I 2024 mencapai US$ 23,78 juta atau tumbuh signifikan hingga 52,74% year on year (YoY) dibandingkan periode sama di tahun sebelumnya sebesar US$ 15,57 juta. 

Baca Juga: Apexindo (APEX) Tingkatkan Utilisasi Rig pada Tahun 2024 Ini

Seiring kenaikan di sisi top line, APEX mencatatkan raihan positif di sisi bottom line dengan raihan laba bersih sebesar US$ 1,70 juta pada kuartal I 2024 atau tumbuh 64,79% YoY. Pada kuartal I 2023 lalu, laba bersih APEX tercatat sebesar US$ 1,03 juta. 

Frieda menjelaskan, fluktuasi harga minyak yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir tidak memberikan dampak secara langsung pada kinerja operasional maupun keuangan APEX di tahun ini. 

"Hal ini karena dari sisi operasional, Perseroan perlu mengikuti proses tender sebelum mendapatkan pekerjaan dari klien di mana proses ini  membutuhkan waktu," jelas Frieda. 

Sementara itu, dari sisi kinerja keuangan, pendapatan APEX dari harga sewa harian rig (rig daily rate) telah disepakati dalam kontrak kerja antara Apexindo dan klien yang berlaku mengikat selama periode kontrak. 

 

"Dengan demikian, Apexindo  dan klien tidak serta merta dapat melakukan penyesuaian harga sewa rig dalam merespon situasi pasar," imbuh Frieda. 

Meski tak merinci besaran belanja modal di tahun ini, Frieda memastikan dana akan dialokasikan untuk perawatan rutin rig-rig perusahaan. Selain itu, alokasi belanja modal juga diperuntukkan untuk reaktivasi rig-rig, khususnya rig darat terlebih jika memperoleh kontrak atau pekerjaan yang cocok. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

[X]
×