kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kinerja Planet Properindo (PLAN) terdongkrak pelonggaran PPKM di Kota Bandung


Selasa, 26 Oktober 2021 / 14:39 WIB
Kinerja Planet Properindo (PLAN) terdongkrak pelonggaran PPKM di Kota Bandung
ILUSTRASI. Pelonggaran PPKM di Kota Bandung mendongkrak kinerja Planet Properindo Jaya (PLAN).


Reporter: Vina Elvira | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Bandung, ikut mengerek kinerja emiten pengelola hotel, termasuk PT Planet Properindo Jaya Tbk (PLAN). Manajemen PLAN menyebut, hingga Oktober ini tingkat okupansi hotel telah mencapai level 80%. 

"Tingkat level PPKM yang menurun di Kota Bandung membuat tingkat hunian hotel meningkat pesat," kata Direktur Utama Planet Properindo, Antonyo Hartono saat dihubungi Kontan.co.id, Senin (25/10).

Dia pun optimistis bisa menutup tahun ini dengan rata-rata okupansi berada di level 70%. Terkait dengan target pendapatan, tambahnya, diperkirakan akan mencapai angka Rp 7 miliar - Rp 8 miliar. Target ini masih sama dengan proyeksi yang dicanangkan di awal tahun. 

"Hotel memiliki standar laba kotor yaitu dari 30% pendapatan. Oleh karena itu PLAN memperkirakan laba kotor mencapai Rp 2 miliar. Namun dalam portfolio kami yang sekarang, penyusutan gedung adalah biaya terbesar yang mungkin mempengaruhi laba bersih," kata Antonyo.

Baca Juga: Simak strategi Planet Properindo Jaya (PLAN) dongkrak pendapatan di tahun 2021

Asal tahu saja, industri perhotelan termasuk PLAN, merupakan satu dari sekian sektor usaha yang cukup terdampak pandemi Covid-19.  Kondisi ini diperparah dengan gelombang kedua penularan virus corona yang memuncak pada Juni-Juli lalu, yang memaksa pemerintah memberketat mobilitas dengan menerapkan PPKM darurat. 

"Namun dalam progress kami dua bulan terakhir ini, kami mengusung optimisme di tahun 2022.  Kami merasakan dampak positif dalam oleh karena itu kami yakin proyeksi kami mampu tercapai," kata Antonyo. 

Dia mengatakan, faktor utama yang mendorong kinerja PLAN di sisa tahun ini datang dari bookingan pertemuan meeting, baik dari kalangan instansi pemerintahan maupun perusahaan swasta. 

Perbaikan kondisi ini pun dimanfaatkan oleh PLAN untuk terus menggenjot kinerja. Salah satunya dengan memfasilitasi perkembangan kawasan wisata Kota Bandung yang sudah mulai kembali normal.

Tak hanya itu, PLAN juga sudah mulai mengincar beberapa hotel lain untuk dikelola, terutama di daerah yang wisatanya sudah kembali hidup. 

Sampai saat ini Planet Properindo masih fokus mengelola hotel mereka yang berada di Kota Bandung. Menyusul nanti hotel kedua yang akan dibuka pada akhir tahun 2021. 

"Hotel kedua yang kami miliki di Kelapa Gading pun akan melakukan soft opening dalam akhir tahun ini," ujar Antonyo. 

Selanjutnya: Planet Properindo Jaya (PLAN) fokus promosi online dan rebranding hotel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×