kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45896,66   8,93   1.01%
  • EMAS1.363.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kinerja Positif Avia Avian (AVIA) Kuartal I-2024 Disokong Portofolio Produk Beragam


Senin, 20 Mei 2024 / 18:15 WIB
Kinerja Positif Avia Avian (AVIA) Kuartal I-2024 Disokong Portofolio Produk Beragam
ILUSTRASI. Pilihan warna cat bertema Healing Colours dari?Lenkote Sunguard All In One produksi?PT Avia Avian Tbk.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meskipun daya beli konsumen belum pulih sepenuhnya, PT Avia Avian Tbk (AVIA) tetap berupaya memaksimalkan kinerjanya untuk tahun ini. Hal ini tercermin dari kinerja AVIA yang berhasil bertumbuh pada kuartal I-2024. 

Sebagai gambaran, AVIA tercatat membukukan pertumbuhan penjualan 6,95% secara tahunan atau year on year (yoy) menjadi Rp 1,9 triliun. Di mana, pada posisi yang sama tahun lalu, pendapatan neto AVIA tercatat senilai Rp 1,78 triliun. 

Per akhir Maret 2024, AVIA berhasil meraup laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk atau laba bersih Rp 446,24 miliar. Laba tersebut menanjak 7,07% yoy dari sebelumnya Rp 416,75 miliar per akhir Maret 2023.  

Baca Juga: Avia Avian (AVIA) Terus Kejar Penjualan Naik hingga 10% di Tahun 2024

Head of Investor Relations, Avia Avian, Andreas Timothy Hadikrisno, menuturkan, salah satu faktor pendorong pertumbuhan kinerja AVIA di kuartal pertama lalu adalah semakin lengkapnya portofolio produk Avian Brands, yang mencangkup kelas ekonomi, menengah, sampai dengan kelas premium.

Selain itu, pertumbuhan kinerja Avian Brands juga tidak terlepas dari eksekusi terhadap berbagai strategi yang dijalankan perseroan. 

 

“Mulai dari ekspansi pusat distribusi, peningkatan kualitas pelayanan pengiriman kepada pelanggan dalam bentuk pengiriman ekspres, sampai dengan berbagai inisiatif pemasaran untuk meningkatkan brand awareness,” ungkap Andreas, kepada Kontan.co.id, pekan lalu. 

Selama kuartal pertama 2024, AVIA telah meluncurkan lima produk baru. Andreas bilang, dalam hal inovasi, perusahaan akan terus mencari peluang untuk meluncurkan produk baru dengan tujuan untuk melengkapi portofolio produk maupun memperluas basis konsumen.

Baca Juga: Avia Avian (AVIA) Cetak Pertumbuhan Kinerja Single Digit di Kuartal I Tahun Ini

Namun demikian, pihaknya belum bisa membeberkan lebih detail terkait jumlah produk baru yang akan diluncurkan di kuartal kedua, karena masih dalam proses tim RDI dan marketing. 

Selain getol menambah produk baru, AVIA juga saat ini betfokus menambah jumlah motor roda tiga untuk memperluas jangkauan layanan pengiriman ekspress. Secara khusus, kata dia, AVIA memfokuskan pelayanan ini di kota-kota besar di mana persaingan competitor sangat ketat. 

Di sisi lain, untuk jumlah armada truk juga akan dikurangi sejalan dengan penambahan jumlah pengiriman ekspress. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×