kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kini hadir start-up crowdfunding Kolase.com


Rabu, 21 November 2018 / 13:58 WIB
Kini hadir start-up crowdfunding Kolase.com
ILUSTRASI. Ilustrasi Start Up


Reporter: Denisa Kusuma | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Start-up di era kini memiliki tujuan yang beragam. Salah satunya adalah start-up crowdfunding, yang memungkinkan puluhan atau bahkan ratusan orang patungan dalam mewujudkan suatu proyek komersial maupun penggalangan dana untuk kepentingan sosial.

Salah satu jenis start-up jenis crowdfunding ini adalah Kolase.com yang berada di bawah PT Kawan Indonesia dan dirintis sejak Februari 2018 lalu. Marketing Communication Kolase, Ryan Maulana Rizky mengatakan, Kolase adalah crowdfunding khusus teman-teman musisi atau masyarakat untuk bisa mewujudkan project mereka.

“Contohnya seperti pembuatan album, vdeo klip, konser, live, Showcase, mini concert, pentas seni dam acara dalam suatu ruangan indoor atau outdoor yang penontonnya di bawah 1.000 orang,” ujarnya, Rabu (21/11).

Selain itu, Ryan mengatakan Kolase.com tidak memiliki target jumlah pendanaan dalam menentukan funding. Sistem yang dijalankan adalah Campaigner menentukan targetnya lalu tinggal men-submit ke platform Kolase. Terakhir, masyarakat-lah yang akan mendukung campaign ini.

“Target kami adalah program yang dijalankan. Kita akan funding di awal, sejumlah beberapa persen dari campaign yang dibutuhkan. Contohnya ada project yang membutuhkan funding Rp100 juta di awal, kita akan berikan 10% dari 100 juta tersebut. Salah satu band yang pernah di-funding oleh Kolase.com adalah Mocca. Karena target mereka mencapai 70% hanya dalam 2 hari. Sangat menguntungkan kolase,” ujar Ryan pada Kontan.co.id, Rabu (21/11).

Ryan menjelaskan Kolase tidak pernah membiayai e-commerce atau start-up.Karena Kolase.com fokus pada bidang musik. Terakhir, bidang musik yang dilirik di tahun 2019 adalah genre musik pop. “Prediksi kami, musik pop akan menjadi kegemaran baru pada millennials. Lalu, Kolase akan memberi pendanaan konser musik, ditambah pendanaan tur juga,” tutup Ryan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×