kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kolaborasi Tokopedia dan BRI Berdampak Positif untuk Pertumbuhan Ekosistem GoTo


Selasa, 07 Juni 2022 / 17:45 WIB
Kolaborasi Tokopedia dan BRI Berdampak Positif untuk Pertumbuhan Ekosistem GoTo
ILUSTRASI. GoTo Gojek Tokopedia - kontan kilas online


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Langkah Tokopedia dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) berkolaborasi menghadirkan layanan keuangan digital berupa kartu kredit Tokopedia Card dinilai sangat tepat.

Dengan adanya fasilitas pembayaran tambahan tersebut akan melengkapi sistem pembayaran di platform Tokopedia sekaligus memperkuat ekosistem perusahaan induk PT GoTo Gojek Tokopedia (GoTo).

Pakar bisnis sekaligus Managing Partner Inventure Yuswohady mengatakan, kolaborasi antara perusahaan e-commerce dengan perusahaan di sektor lain tengah menjadi tren. Hal itu dilakukan untuk melengkapi berbagai kebutuhan pengguna dan menawarkan kemudahan dalam satu platform yang terintegrasi.

Saat ini Tokopedia memiliki basis pengguna yang sangat besar yang dapat menjadi salah satu channel bagi BRI dalam memasarkan produknya. Di sisi lain, Tokopedia mendapat tambahan metode pembayaran bagi penggunanya.

Baca Juga: GoTo Catatkan Kenaikan 2 Kali Lipat Pemesanan Kendaraan Listrik Electrum di Gojek

Tambahan pilihan pembayaran dengan kartu kredit juga dapat meningkatkan transaksi di e-commerce karena menjadi lebih mudah bagi konsumen untuk berbelanja barang dengan nilai yang lebih tinggi. Hal ini diyakini berdampak positif terhadap bisnis dan ekosistem GoTo.

“Tujuan kolaborasi ini adalah untuk memperkuat ekosistem dan kolaborasi ini win-win solution bagi semua pihak. Begitu pun ketika Tokopedia dengan Gojek bergabung menjadi GoTo, dimana yang satu menguasai bisnis transportasi dan satunya di e-commerce, jadi kolaborasi ekosistem,” kata Yuswohady dalam keterangannya, Selasa (7/6).

Dengan terbangunnnya ekosistem yang semakin besar, lanjut Yuswohady, maka akan terbangun bisnis yang bersifat consumer centric, dimana semua kebutuhan konsumen dapat dipenuhi dalam satu platform.

Dengan ekosistem yang sudah dibangun tersebut, menurut Yuswohady, membuat Tokopedia bisa masuk ke bisnis apapun.

Dengan adanya Tokopedia Card, diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada pengguna Tokopedia, tidak hanya dalam berbelanja, namun juga dalam mengajukan aplikasi kartu kredit dan memantau penggunaan kartu kredit tersebut.

Kemudahan lainnya untuk pemegang Tokopedia Card termasuk gratis biaya tahunan dengan syarat transaksi 3 kali per bulan, bebas biaya layanan cicilan untuk transaksi cicilan 0% di Tokopedia, dan skema cashback GoPayCoins untuk transaksi merchant daring maupun offline.

“Makanya waktu itu start-up melakukan “bakar duit”, merupakan investasi dalam membangun pola, membangun ekosistem, melengkapi layanan dan basis konsumen itu. Jadi sekarang mereka tinggal memanen apa yang sudah dia bangun,” katanya.

Baca Juga: Harga Saham BBCA & GOTO Beda Arah di Perdagangan Bursa Selasa (7/6)




TERBARU

[X]
×