kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kominfo Dorong Implementasi Urban Farming dan Petani Go Online


Jumat, 15 April 2022 / 19:50 WIB
Kominfo Dorong Implementasi Urban Farming dan Petani Go Online
ILUSTRASI. Urban Farming


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Komunikasi dan Informatika turut mendorong penerapan Urban Farming di kalangan anak muda guna mengantisipasi terjadinya krisis pangan ke depan.

Seperti diketahui, krisis pangan global saat ini terus meningkat. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperkirakan jumlah populasi bumi akan terus meningkat menjadi 9,3 miliar pada 2050.

Artinya, permintaan pangan akan meningkat drastis ke depan, sementara jumlah sumber daya lahan dan sumber daya manusia yang bekerja di sektor pertanian semakin menyusut.

Baca Juga: Siaran TV Analog Bakal Disetop, Sudah Beli STB untuk TV Digital?

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah petani per 2019 mencapai 33,4 juta orang. Adapun dari jumlah tersebut, petani muda di Indonesia yang berusia 20-39 tahun hanya 8 persen atau setara dengan 2,7 juta orang.

Kemudian, sekitar 30,4 juta orang atau 91 persen berusia di atas 40 tahun, dengan mayoritas usia mendekati 50-60 tahun.

Kondisi ini kian diperparah dengan penurunan jumlah regenerasi petani muda. Dalam data yang sama, dari periode 2017 ke 2018, penurunan jumlah petani muda mencapai 415.789 orang.

Kementerian Kominfo melalui Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim mendorong Urban Farming dengan menyelenggarakan Pojok Literasi.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kominfo Septriana Tangkary mengatakan, keberadaan Urban Farming dapat meningkatkan ketahanan pangan bagi sekitar. Selain itu, keberadaannya juga dapat menambah pundi-pundi ekonomi.

Oleh karena itu, Kementerian Kominfo turut memfasilitasi para petani untuk go online. Aplikasi ini diharapkan dapat mendukung para petani untuk memasarkan produknya secara online, sehingga dapat meningkatkan ekonomi para petani khususnya generasi milenial

“Ini suatu kesempatan kita, peluang kita di samping pertanian, UMKM juga meningkat. Guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan,” kata Septriana dalam keterangan resminya, Jumat (15/4).




TERBARU

[X]
×