kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Kompletnya fasilitas Kereta Istimewa KAI, mulai mushala hingga ruang karaoke


Minggu, 29 September 2019 / 08:53 WIB

Kompletnya fasilitas Kereta Istimewa KAI, mulai mushala hingga ruang karaoke
ILUSTRASI. Penumpang Kereta Api

KONTAN.CO.ID - BANDUNG. Ingin naik kereta api namun dengan fasilitas nyaman dan mewah? Jangan khawatir. Kini, PT Kereta Api Indonesia meluncurkan kereta komersial privat yang dinamakan Kereta Istimewa. Apa saja keunggulan dari kereta istimewa?

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro mengatakan, satu rangkaian Kereta Istimewa terdiri dari 2 kereta berjenis KRD dengan total kapasitas 40 penumpang.

“Jadwal Kereta Istimewa dapat disesuaikan dengan keinginan pelanggan karena tidak dirangkaikan dengan perjalanan KA reguler,” ujar Edi di sela-sela peringatan Hari Ulang Tahun PT KAI ke-74 di Bandung, Sabtu (28/9).

Baca Juga: Pakai kereta semicepat, Jakarta-Surabaya jadi 5 jam 30 menit

Untuk tahap awal, kereta yang dikelola anak usaha KAI, yaitu PT KA Pariwisata ini, dapat dipesan untuk jarak menengah seperti Jakarta-Cirebon, Jakarta-Bandung, dan Jakarta-Semarang.

Kereta Istimewa ini memiliki fasilitas seperti ruang rapat, lounge, minibar, karaoke, mushala, dan toilet. Selain itu, kereta ini memiliki tempat santai seperti ruang keluarga, tempat untuk menonton televisi dan karaoke bersama.

“Dari tempat makan, rapat, sampai bersantai ada. Waktu perjalanan fleksibel. Untuk Jakarta-Bandung harganya Rp 19 juta untuk 40 orang,” imbuhnya.

Baca Juga: Agar terjangkau, Menhub ingin tarif kereta semi cepat Jakarta-Surabaya Rp 400.000

Edi mengatakan, kereta istimewa ini cocok digunakan untuk bisnis, reuni, acara, bahkan rekreasi keluarga dan lainnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kereta istimewa merupakan inovasi dari PT KAI. PT KAI menyulap kereta lama yang secara teknis tidak digunakan menjadi kereta yang eksklusif.

“Keretanya jadi eksklusif karena kreativitas dan inovatif yang baik. Saya usulkan di kota khusus seperti Yogyakarta dan Solo, kereta bandaranya pakai ini. Tapi desain interiornya tradisional,” ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengintip Fasilitas Kereta Istimewa PT KAI, Mulai dari Ruang Karaoke hingga Mushala"
Penulis : Kontributor Bandung, Reni Susanti
Editor : Farid Assifa  

 


Sumber : Kompas.com
Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Video Pilihan


Close [X]
×