kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Konsumsi BBM Pertaseries dan Dexseries di Jawa meningkat pasca Lebaran


Jumat, 28 Mei 2021 / 18:27 WIB
Konsumsi BBM Pertaseries dan Dexseries di Jawa meningkat pasca Lebaran
ILUSTRASI. Konsumsi BBM naik pasca Lebaran


Reporter: Filemon Agung | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina melalui Satgas Ramadhan Idul Fitri (RAFI) Pertamina mencatat peningkatan konsumsi BBM jenis Pertaseries di angka 12% dan Dexseries sebesar 10% pasca libur Lebaran tepatnya 26 Mei dibandingkan konsumsi normal harian. 

Unit Manager Comm, Rel, & CSR Marketing Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan mengatakan, tingginya kebutuhan masyarakat pada BBM berkualitas dan ramah lingkungan ini merupakan fenomena menarik. 

“Pasca larangan mudik Lebaran ini, puncak permintaan BBM di Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat terjadi pada dua hari jelang Lebaran yaitu pada tanggal 11 - 12 Mei 2021. Konsumsi terbesar dari BBM yang digunakan adalah Pertalite dan Pertamax yang mencapai 91% dari total realisasi BBM jenis gasoline,” kata dia dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Jumat (28/5).

Eko melanjutkan, beberapa titik di Jawa Bagian Barat mengalami peningkatan konsumsi yang signifikan untuk produk BBM Berkualitas. Sebagai contoh pada Jalur Pantura konsumsi Pertamax naik 24% dibanding konsumsi normal. Kenaikan konsumsi diklaim juga terjadi di jalur wisata Sukabumi dan Majalengka.

Lebih lanjut Eko bilang bahwa tren ini menunjukkan bahwa para pengendara semakin meyakini bahwa kenyamanan bepergian untuk ke perjalanan jauh keluar kota ataupun berlibur bersama keluarga yang menempuh perjalanan jauh mensyaratkan kendaraan yang prima. 

Baca Juga: Pertamina: Program Langit Biru di Kalimantan dorong konsumsi BBM RON tinggi

Pertamax Turbo dengan Research Octane Number (RON) 98 dan Pertamax dengan RON 92 untuk kendaraan mesin bensin, serta Pertamina Dex dengan Cetane Number (CN) 53 untuk kendaraan mesin diesel akan menjamin pembakaran mesin kendaraan pemudik akan lebih sempurna dan maksimal. 

“Penggunaan Pertamax Series dan Dex Series cocok untuk perjalanan jauh karena keunggulannya mesin menjadi lebih dingin, irit bahan bakar (efisiensi), keawetan mesin, dan meningkatkan perfoma mesin serta ramah lingkungan,” sambung Eko.

Sampai dengan 31 Mei 2021, masyarakat pun akan mendapatkan potongan harga bensin lebih hemat Rp 300 per liter dengan menggunakan aplikasi My Pertamina untuk pembelian Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex dan Dexlite. 

Selanjutnya: Pemerintah perlu terus dorong masyarakat menggunakan BBM berkualitas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×