Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Krakatau Steel Tbk terus melakukan akselerasi transformasi dalam beberapa tahun terakhir. Upaya transformasi dilakukan secara menyeluruh, mulai dari perbaikan proses bisnis, restrukturisasi organisasi, meningkatkan pengembangan talenta dan transparansi data melalui transformasi teknologi informasi.
Direktur Komersial Krakatau Steel Akbar Djohan menyampaikan, transformasi yang dilakukan tersebut sudah membuahkan hasil. “Hasilnya mulai terlihat dari meningkatnya kinerja dan kontribusi BUMN terhadap pertumbuhan ekonomi," kata dia dalam keterangan resminya, Sabtu (18/5).
Atas upaya transformasi yang berhasil dijalankan tersebut, Karakatau Steel berhasil menyabet tiga gelar dalam BUMN Entrepreneurial Marketing Awards 2024, yakni The Most Promising Company in Tactical Marketing, The Most Promising Company in Marketing 5.0, dan Dewi BUMN 2024 untuk Direktur SDM Krakatau Steel Sriyani Puspa Kinasih.
Sebelumnya, Direktur Utama Krakatau Steel Purwono Widodo mengatakan, pihaknya akan terus mengupayakan untuk tetap mencatat kinerja positif tahun 2024 dengan berbagai rencana bisnis yang dapat dilakukan, di antaranya kerjasama mill-to-mill kapasitas KRAS dan group serta afiliasi, termasuk optimalisasi kinerja sub-holding.
Baca Juga: Krakatau Steel (KRAS) Ungkap Baja Ilegal dari China Kualitasnya di Bawah Standar
Ia melihat permintaan baja di awal tahun 2024 ini secara keseluruhan mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini ini didukung oleh berakhirnya status pandemi dan stimulus pemerintah seperti proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, serta proyek-proyek swasta yang sempat terhenti mulai berjalan kembali.
Krakatau Steel memprediksi permintaan baja global tahun ini akan tumbuh 1,9% dari tahun ini. Menurut Purnomo, kondisi ini tentu menjadi peluang ekspor bagi industri baja di Indonesia. “Terlebih, target produksi dan penjualan tahun 2024 diharapkan mengalami pertumbuhan seiring dengan pertumbuhan demand dan program-program pemerintah dalam mendukung industri baja nasional,” ungkap Purwono.
Untuk menopang permintaan baja nasional dan mendukung proyek-proyek strategis, Krakatau Steel bertransformasi menjadi perusahaan induk strategis dengan membentuk tiga subholding yang digarap tiga anak usaha, yakni PT Krakatau Sarana Infrastruktur (KSI) bergerak di bidang pengelolaan kawasan dan infrastruktur penunjang industri, PT Krakatau Baja Konstruksi (KBK) sebagai penyedia baja turunan untuk keperluan konsumtif, dan PT Krakatau Niaga Industri (KNI) sebagai penyedia baja untuk keperluan industri hilir.
Meski demikian, perusahaan ini memproyeksikan permintaan baja untuk segmen konstruksi dan infrastruktur belum akan sepenuhnya terserap dengan baik di tahun 2024. Kondisi itu lantaran sejumlah proyek, termasuk pembangunan IKN baru akan ditargetkan selesai pada pertengahan atau akhir tahun 2024.
Baca Juga: KRAS dan ISSP Ungkap Strategi Tekan Peredaran Baja Ilegal
Founder & Chair of MCorp Hermawan Kartajaya mengatakan, peran BUMN sangat penting dalam mempertahankan stabilitas serta kesejahteraan masyarakat Indonesia dan BUMN telah berhasil melakukan transformasi signifikan dalam beberapa tahun terakhir.
Oleh karena itu, kata dia, perusahaan BUMN harus memastikan strategi pertumbuhan bisnis yang sehat dengan manajemen risiko yang baik, serta memenuhi kebutuhan publik. Ia memandang aspek kepemimpinan berperan penting bagi BUMN dalam mengatasi berbagai tantangan yang ada.
"Kreativitas dan inovasi tidak cukup, diperlukan juga entrepreneurship dan leadership yang nantinya akan menentukan apakah kreativitas dan inovasi tersebut memberikan dampak yang baik atau tidak," kata Hermawan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News