kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KRL Yogyakarta-Solo sudah bisa dijajal warga mulai 1 Februari, tarifnya Rp 1


Rabu, 20 Januari 2021 / 09:19 WIB
KRL Yogyakarta-Solo sudah bisa dijajal warga mulai 1 Februari, tarifnya Rp 1
ILUSTRASI. Gerbong Kereta Rel Listrik (KRL) berada di Stasiun Klaten, Jawa Tengah, Jumat (4/12/2020). PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) masih melakukan tahapan uji coba KRL Jogja-Solo.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - YOGYAKARTA. PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), yang merupakan akan usaha PT Kereta Api Indonesia, akan membuka uji coba kereta rel listrik atau KRL Yogyakarta-Solo untuk masyarakat mulai bulan Februari 2021. 

"Tanggal 1 Februari masyarakat bisa ikut uji coba, sampai tanggal 7 Februari. Untuk tarifnya sudah ditentukan pak Dirjen (Dirjen Perkeretaapian) sebesar Rp 1," kata Direktur Utama PT KCI Wiwik Widayanti dikutip dari Antara, Rabu (20/1/2021). 

Ia berharap melalui uji coba tersebut masyarakat dapat mengetahui bagaimana pelayanan di dalam KRL. Sedangkan untuk pelaksanaan uji coba secara terbatas akan dilakukan mulai tanggal 20 Januari. 

Menurut dia, pada uji coba terbatas yang akan dilaksanakan hingga tanggal 31 Januari 2021 akan melibatkan instansi pemerintah dan sejumlah mitra kerja. 

Baca Juga: KCI: Sepanjang November, pengguna KRL capai 7,2 juta

Dengan beroperasinya KRL dari Jogja hingga Solo, praktis kereta berbasis listrik ini akan menggantikan operasional KA Prambanan Ekspres atau KA Prameks. 

Rangkaian KA Prameks rencananya akan direlokasi ke daerah lain sebagai moda transportasi kereta lokal. Nantinya dengan menggunakan KRL Yogyakarta-Solo, mobilitas warga sepanjang Jogja-Solo akan lebih meningkat dan meningkatkan roda perekonomian di Yogyakarta dan Solo Raya. 

Baca Juga: Kenaikan di 3 stasiun, KAI: Pengguna KRL sebanyak 113.341 orang hari ini

KRL memiliki beberapa keunggulan di antaranya kapasitas angkut yang lebih banyak dan efisiensi operasional karena listrik yang dianggap lebih murah. Headway kedatangan kereta juga bisa ditingkatkan. 




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×